International Education and Research Network (iEARN)

iEARN - Forum interaktif guru dan siswa melalui website untuk meningkatkan potensi siswa dan memberdayakan guru.

iEARN adalah jaringan guru dan siswa yang telah melibatkan 20.000 sekolah dan 1.000.000 siswa di lebih dari 130 negara. Forum iEARN merupakan forum interaktif melalui website dengan cara berkolaborasi melalui online dan seluruh proyek ditujukan untuk meningkatkan potensi siswa dan memberdayakan guru dengan membuat siswa berpartisipasi secara aktif dan interaktif melalui proyek yang dibuat bersama. Selain itu proyek juga ditujukan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dunia dan untuk melestarikan bumi.

Di Indonesia, iEARN didirikan pada tahun 2004 dengan beranggotakan 20 guru namun saat ini telah berkembang menjadi 1000 guru yang tersebar di seluruh Indonesia. Koordinasi nasional iEARN Indonesia juga dikoordinatori oleh Koordinator Nasional ASPnet Indonesia dan setiap sekolah memiliki koordinator masing – masing.

iEARN memfasilitasi sumber – sumber pembelajaran melalui proyek – proyek yang difasilitasi iEARN. Proyek yang dikembangkan di iEARN adalah Project – based learning yaitu metode pembelajaran yang tersusun dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan belajar melalui sebuah proses pencarian yang terstruktur, pertanyaan autentik, dan hasil serta penugasan yang dirancang secara baik. Dibandingkan dengan problem – based learning, project – based learning memang memakan waktu yang agak lebih lama namun metode pembelajaran yang sistematik ini membantu siswa untuk terlibat dan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Manfaat lain yang dapat dioptimalkan dari pembelajaran project – based learning adalah siswa didukung untuk belajar dan mempraktekkan keterampilan dalam pemecahan masalah, komunikasi, dan pengendalian diri, mengembangkan kebiasaan berpikir yang terkait dengan belajar sepanjang hayat, tanggung jawab sosial, dan keberhasilan diri dan karir, mengintegrasikan area kurikulum, pembelajaran tematik, dan isu – isu masyarakat, menciptakan komunikasi positif dan kolaborasi antar siswa, serta memotivasi siswa untuk ikut aktif dalam proyek.

Sumber: iEARN Indonesia