L’Oreal Science Indonesia – Penghargaan untuk Wanita Hebat Indonesia

© LÓreal Indonesia

Berikut kami sampaikan program kerja sama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kemdikbud dengan L’Oréal Indonesia, yaitu L’Oréal-UNESCO For Women in Science, yang sudah terjalin sekitar 15 tahun sejak tahun 2004, bertujuan untuk mengakui, menyemangati dan mendukung wanita di bidang sains.

Program ini dikhususkan untuk perempuan peneliti muda berbakat yang mendedikasikan karir mereka untuk mengembangkan inovasi ilmiah dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat.
Setiap tahunnya L’Oréal Indonesia For Women in Science menganugerahi perempuan peneliti muda Indonesia dalam bentuk fellowship nasional untuk membantu pendanaan penelitian mereka.
Hingga tahun 2017, sebanyak 49 orang peneliti muda Indonesia telah menerima fellowship ini dan 5 orang di antaranya telah menerima penghargaan di tingkat internasional.

Kami sampaikan pula dua program dari Lóreal Indonesia, yang juga mempelopori penghargaan sains bagi perempuan Indonesia, yaitu L’Oréal Sorority in Science dan L’Oréal Girls in Science.

L’Oréal Sorority in Science (SIS) merupakan program beasiswa yang diluncurkan atas kemitraan antara L’Oréal Indonesia dan KNIU Kemdikbud, yang diperuntukkan bagi para mahasiswi di bidang sains guna mendorong bakat-bakat besar cikal bakal perempuan peneliti Indonesia di masa depan. Penghargaan ini menjadi program kunci yang menghubungkan dua program sains utama L’Oréal-KNIU lainnya, yaitu: L’Oréal-UNESCO For Women In Science dan L’Oréal Girls in Science, yang telah berlangsung selama 15 tahun di Indonesia.
Diharapkan melalui program ini para mahasiswi di bidang sains dapat fokus menimba ilmu sebaik-baiknya untuk mewujudkan cita-cita sebagai perempuan peneliti besar yang ia dambakan.

Sedangkan L’Oréal Girls in Science (LGIS) adalah kompetisi sains nasional untuk siswa SMA perempuan. Tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan ilmu pengetahuan sebagai suatu karir yang menyenangkan, kreatif dan bidang vital yang menjanjikan.
Kompetisi ini memiliki tujuan yang sama dengan program sains L’Oréal lainnya, yaitu untuk meningkatkan kesadaran ilmu pengetahuan di kalangan wanita sejak dini.

Untuk info lebih lanjut, dapat dilihat pada tautan berikut ini:
Laman LÓreal Indonesia