Nominasi Cileteuh sebagai Jaringan Geopark Global

pikiranrakyat.com

Keindahan Geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu didaftarkan sebagai Geopark Dunia

Cileteuh – Pelabuhan Ratu, situs geopark yang berada di Sukabumi didaftarkan sebagai UNESCO Global Geopark oleh Pemerintah Jawa Barat. Hingga saat ini, telah terdapat dua situs geopark Indonesia yang masuk dalam UNESCO Global Geopark yaitu Geopark Batur yang diakui pada tahun 2012 dan Geopark Gunung Sewu yang berhasil masuk pada tahun 2015.

Dalam rangka penominasian situs geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu, Pemerintah Jawa Barat telah menyiapkan dokumen aplikasi Dossier yang memuat informasi dan deskripsi ilmiah terkait potensi warisan geologi dan geo-konservasi, serta program peningkatan kapasitas masyarakat yang ada di sekitar wilayah geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu. Situs geopark tersebut didukung penuh oleh berbagai pemangku kebijakan dari sektor akademisi, bisnis, media, dan pemerintahan dengan membentuk program pengembangan geopark yang dinamakan Penta Helix of CABGM (Community, Academic/University, Business, Government, and Mass Media).

Karakteristik utama yang diunggulkan dari situs geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu adalah pada situs ini pengunjung dapat menikmati tiga komponen pariwisata yaitu wisata geologi, biologi, dan budaya. Dengan didaftarkannya geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu sebagai UNESCO Global Geopark, diharapkan potensi situs geopark Cileteuh – Pelabuhan Ratu sebagai objek penelitian geoscience dapat ditingkatkan pada level internasional. Selain itu, potensi geotourism juga dapat lebih dimaksimalkan melalui jaringan geopark global. Pemerintah juga mendorong upaya peningkatan keterlibatan masyarakat lokal dalam melindungi dan menjaga kekayaan alam di wilayah situs geopark tersebut.