Pendidikan – Surabaya diakui menjadi anggota UNESCO Global Network of Learning Cities (GNLC)

© surabaya.go.id

Surabaya – UNESCO Global Network of Learning Cities

Tertanggal 27 Oktober 2016, Surabaya telah resmi menjadi anggota UNESCO Global Network of Learning Cities (GNLC). GNLC adalah salah satu jejaring/network UNESCO yang fokus pada Pembelajaran Sepanjang Hayat dalam komunitas global. GNLC berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya SDG 4 yaitu Menjamin pendidikan inklusif dan setara yang berkualitas serta mempromosikan kesempatan pembelajaran sepanjang hayat untuk semua dan SDG 11 yaitu Membuat kota dan pemukiman yang inklusif, aman, kokoh, dan berkelanjutan.

UNESCO mendefinisikan kota pembelajaran/learning city sebagai kota yang secara efektif mampu memobilisasi sumber daya di setiap sektor untuk mempromosikan pembelajaran inklusif dari tingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, kota yang mampu merevitalisasi proses pembelajaran di lingkungan keluarga dan masyarakat, kota yang mampu memfasilitasi pembelajaran di dalam maupun luar lingkungan kerja, kota yang mampu memperluas penggunaan teknologi untuk pembelajaran modern, kota yang mampu meningkatkan kualitas dan keunggulan dalam pembelajaran, dan kota yang mampu menumbuhkan budaya pembelajaran sepanjang hayat. Untuk membentuk sebuah kota pembelajaran/learning city, pemerintah kota dan masyarakatnya perlu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan inklusi sosial, pembangunan ekonomi, kemakmuran budaya, dan pembangunan berkelanjutan.

Tahun 2016 ini telah terdapat 116 kota dari 29 negara yang telah menjadi anggota dari GNLC dan Surabaya adalah salah satunya. Menjadi anggota dari GNLC berarti Surabaya masuk dalam jejaring dinamis kota – kota yang mendukung promosi dialog kebijakan dan pembelajaran antar kota – kota di dunia, selain itu juga membina kerjasama, membangun kapasitas dan membentuk instrumen yang membantu upaya pembangunan kota pembelajaran (learning cities). Selain itu, kota – kota yang tergabung dalam GNLC dapat saling berbagi ide dan solusi untuk masalah yang dihadapi atau timbul dalam proses pengembangan kota pembelajaran.

Kota Surabaya mengusung program-program yang mendukung pembentukan kota pembelajaran/learning city dalam nominasinya untuk menjadi anggota GNLC yang antara lain adalah: a) meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan terkait pendidikan melalui pelaksanaan konferensi atau seminar pendidikan; b) menyediakan akses bebas biaya atas seluruh fasilitas pemerintahan yang menunjang pendidikan; c) menyediakan website yang memuat informasi terkait seluruh hal yang menunjang pendidikan seperti profil – profil sekolah, sistem pendidikan, online tryout dan jurnal – jurnal pendidikan; d) mempromosikan Program Peningkatan Kampung sebagai salah satu sarana untuk melestarikan budaya kampung; e) memfasilitasi pelatihan – pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat serta memberdayakan masyarakat; f) menyediakan fasilitas kesehatan yang dapat diakses melalui website; g) menerapkan pendidikan inklusif di sekolah – sekolah negeri di seluruh tingkat pendidikan; dan h) mengadakan kegiatan/acara/perayaan yang bertujuan untuk mempromosikan dan menjaga proses pembelajaran sepanjang hayat dalam masyarakat.