Intergovernmental Oceanographic Commission (IOC)

IOC - Dalam observasi kelautan dan ilmu pengetahuan berkontribusi dalam membangun basis pengetahuan tentang perubahan iklim

Intergovernmental Oceanographic Commission UNESCO (IOC) mempromosikan kerjasama internasional dan mengkoordinasikan program dalam penelitian kelautan, jasa, sistem observasi, mitigasi bencana, dan pembangunan kapasitas untuk memahami dan mengelola sumber daya laut dan pesisir secara efektif. Dengan menerapkan pengetahuan ini, Komisi IOC bertujuan untuk meningkatkan tata kelola, manajemen, kapasitas kelembagaan, dan proses pengambilan keputusan negara-negara anggota terhadap sumber daya laut dan variabilitas iklim dan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di lingkungan laut, khususnya di negara-negara berkembang.

Melalui International Indian Ocean Expedition pada tahun 1960, Komisi IOC telah mengkoordinasikan dan mempromosikan program dan kegiatan dalam observasi kelautan, ilmu pengetahuan laut, dan pengurangan bencana di laut. IOC mengkoordinasikan observasi kelautan dan pengawasan melalui Global Ocean Observing System (GOOS) yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan terpadu yang menyediakan informasi dan pertukaran data atas aspek fisik, kimia, dan biologis dari laut. Pemerintah, industri, ilmuwan, dan publik dapat menggunakan informasi ini untuk mengatasi isu-isu kelautan.

IOC dalam observasi kelautan dan ilmu pengetahuan berkontribusi dalam membangun basis pengetahuan tentang perubahan iklim. IOC juga berkoordinasi dan mendorong pembentukan koordinasi regional antar pemerintah terkait peringatan tsunami dan sistem mitigasi di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, Timur Laut Atlantik, Laut Mediterania, dan Laut Karibia.

Sumber: IOC