International Hydrology Programme (IHP)

IHP - Program antar pemerintah yang ditujukan untuk penelitian air, pengelolaan sumber daya air, dan pendidikan dan peningkatan kapasitas terkait pengetahuan mengenai air

International Hydrology Programme (IHP) adalah satu-satunya program antar pemerintah yang ditujukan untuk penelitian air, pengelolaan sumber daya air, dan pendidikan dan peningkatan kapasitas terkait pengetahuan mengenai air. Sejak tahun 1975, IHP telah berkembang dari sebuah program penelitian hidrologi terkoordinasi internasional menjadi program holistik untuk memfasilitasi pendidikan dan pengembangan kapasitas, dan meningkatkan pengelolaan dan tata kelola sumber daya air.
IHP memfasilitasi pendekatan interdisipliner dan terpadu terkait pengelolaan batas air dan akuifer (lapisan bawah tanah yang mengandung air dan dapat mengalirkan air), yang menggabungkan dimensi sosial dari sumber daya air, dan mempromosikan dan mengembangkan penelitian internasional dalam ilmu hidrologi dan air tawar. International Hydrology Programme UNESCO didirikan pada tahun 1975 dan dilaksanakan dalam interval waktu/tahap program enam tahun. IHP telah memasuki tahap kedelapan yang akan dilaksanakan selama periode 2014-2021.

Indonesia telah membentuk Komite Nasional Program IHP pada periode tahun 1975 – 1980 dengan tujuan untuk mendukung seluruh program atau isu – isu yang mengsintesiskan informasi dan kesenjangan pengetahuan konsep dan sistem lingkungan air. Komite Nasional Program IHP Indonesia beranggotakan:
1. Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian (IPK) LIPI
2. Asia-Pacific Center for Ecohydrology (APCE)
3. Puslitbang Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR
4. Puslit Limnologi LIPI
5. BKPI LIPI
6. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti)
7. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Sumber: IHP