Sektor Kebudayaan

Kebudayaan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Budaya adalah siapa kita dan apa yang membentuk identitas kita. Pembangunan tidak dapat berkelanjutan tanpa memasukkan kebudayaan dalam prosesnya.

Pada bulan September 2015 Sidang Umum PBB mengadopsi “Agenda Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030”, dengan 17 tujuan universal ambisius untuk mengtransformasi dunia ke arah yang lebih baik.

UNESCO memastikan bahwa budaya memiliki peran penting dalam sebagian besar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), termasuk yang berfokus pada pendidikan berkualitas, kota berkelanjutan, lingkungan, pertumbuhan ekonomi, konsumsi berkelanjutan dan pola produksi, masyarakat yang damai dan inklusif, kesetaraan gender dan keamanan pangan.

Dari warisan budaya hingga industri budaya dan industri kreatif, kebudayaan menjadi penyokong dan pendorong pembangunan berkelanjutan baik dari dimensi ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Tugas UNESCO dalam mempromosikan keragaman budaya dan Konvensi Budaya UNESCO menjadi pokok utama untuk implementasi Agenda Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030.

Sumber : Kebudayaan UNESCO