World Culture Forum

klm_9024

World Culture Forum adalah kegiatan yang menghasilkan agenda pembangunan internasional yang disepakati untuk budaya dengan maksud memanfaatkan keragaman, mempromosikan perdamaian, dan memberikan kontribusi untuk pembangunan. Program ini adalah yang pertama kali digagas oleh Pemerintah Indonesia dan UNESCO pada tahun 2013 dan akan diadakan setiap dua sampai tiga tahun sekali.

Tujuan Forum ini sejalan dengan perkembangan isu-isu global yang mengindikasikan tren menuju integrasi sistematis budaya dalam strategi dan program pembangunan. Forum ini dimaksudkan menjadi ajang pertemuan bagi para pemerhati dan aktivis/penggala kebudayaan seluruh penjuru dunia untuk memastikan budaya yang diprioritaskan dalam kebijakan pembangunan berkelanjutan dan perencanaan pada global, nasional dan regional.

WCF edisi pertama di selenggarakan di Bali tahun 2013, WCF kedua dilaksanakan belum lama ini di Bali, pada tanggal 10 – 14 Oktober 2016 di Nusa Dua Bali dengan mengundang Menteri Pendidikan Kebudayaan dari negara-negara anggota UNESCO, Permanent Delegation di UNESCO, budayawan Nasional dan Internasional, NGO dan International NGO serta masyarakat luas.

World Culture Forum