Sektor Komunikasi dan Informasi

Komunikasi untuk Pembangunan Berkelanjutan

UNESCO membantu negara-negara berkembang dalam memperkuat kapasitas komunikasi mereka dengan mengembangkan media independen dan pluralistik dan meningkatkan akses media terhadap TIK, khususnya melalui Program Internasional untuk Pengembangan Komunikasi/International Programme for the Development of Communication (IPDC).

UNESCO fokus dalam peningkatan dampak komunikasi dan informasi untuk pembangunan dengan mendukung partisipasi berbasis luas/broad-based dalam operasi media. UNESCO juga mendorong pengembangan media yang independen dan pluralistik, terutama di wilayah konflik dan pasca konflik dan wilayah pasca-bencana. UNESCO secara khusus mendukung fasilitas media yang dapat memberikan informasi non-partisan, menawarkan jasa konsultasi pada perundang-undangan media, dan membantu dalam pembangunan kembali infrastruktur media.

Strategi UNESCO didasarkan dari kemungkinan penerapan inovasi TIK untuk memperkuat pluralisme media dan untuk mengatasi kebutuhan peningkatan kapasitas pada kalangan profesional media, termasuk perempuan.

UNESCO membantu meningkatkan kapasitas lembaga komunikasi, meningkatkan pelatihan profesional media dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan sumber daya komunikasi.

Sumber : Komunikasi dan Informasi UNESCO