International Programme for Developement of Communication (IPDC)

International Programme for Development of Communication adalah satu-satunya forum multilateral dalam sistem PBB yang dirancang untuk memobilisasi masyarakat internasional guna membahas dan mempromosikan pembangunan media di negara-negara berkembang. Program ini tidak hanya memberikan dukungan untuk proyek-proyek media, namun juga berupaya mencari kesepakatan untuk menjamin lingkungan yang sehat bagi pertumbuhan media yang bebas dan pluralistik di negara berkembang.

Upaya dari IPDC memiliki dampak penting pada berbagai bidang yang meliputi, antara lain promosi independensi media dan pluralisme, pembangunan media komunitas, organisasi radio dan televisi, modernisasi kantor berita nasional dan regional, serta pelatihan untuk profesional media. IPDC telah memobilisasi sekitar 100 juta US Dollar untuk lebih dari 1500 proyek di lebih dari 140 negara-negara berkembang dan negara-negara dalam transisi.

Lebih dari sebelumnya, IPDC sekarang berusaha untuk mewujudkan proyek-proyek media yang lebih efektif dalam memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan akses yang adil terhadap pengetahuan dan mengekspresikan diri melalui media yang bebas dan pluralistik. Bergabung dengan IPDC untuk membangun lingkungan media yang bermakna di mana masyarakat dapat mengekspresikan kepedulian mereka, melakukan investigasi, berdiskusi, mendapatkan pengetahuan dan menolak kekerasan.

Sumber: http://www.unesco.org/new/en/communication-and-information/intergovernmental-programmes/ipdc/about-ipdc/