Sektor Pendidikan

Pendidikan untuk Abad 21

Pendidikan mampu mentransformasi kehidupan dan menjadi tujuan utama dari misi UNESCO dalam membangun perdamaian, memberantas kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan. UNESCO yakin bahwa pendidikan adalah hak asasi manusia sepanjang hidup dan akses atas pendidikan harus sesuai dengan kualitas pendidikan. UNESCO adalah satu-satunya badan PBB yang memiliki mandat atas seluruh aspek pendidikan. UNESCO dipercaya untuk memimpin pencapaian Global Education 2030 Agenda melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4/SDG 4. Roadmap untuk pencapaian tujuan ini telah ditetapkan dalam Kerangka Acuan Kerja Pendidikan 2030/Education 2030 Framework for Action (FFA).

UNESCO memimpin pencapaian tujuan pendidikan di tingkat regional dan global, memperkuat sistem pendidikan di seluruh dunia dan merespon tantangan global kontemporer melalui pendidikan dengan kesetaraan gender sebagai prinsip dasar.

Tugas UNESCO meliputi pengembangan pendidikan dari tingkat pra-sekolah hingga pendidikan tinggi dan seterusnya. Tema-tema UNESCO meliputi masyarakat global dan pembangunan berkelanjutan, hak asasi manusia dan kesetaraan gender, kesehatan dan HIV AIDS, serta pengembangan keterampilan teknis dan kejuruan.

Sumber : Pendidikan UNESCO