Global Citizenship Education

Global Citizenship Education (GCED) - Menanamkan rasa hormat untuk semua, membangun rasa saling memiliki sesama manusia dan membantu pembelajar menjadi bertanggung jawab dan masyarakat global.

Global Citizenship Education (GCED) bertujuan untuk memberdayakan peserta didik untuk berperan aktif dalam menghadapi dan mengatasi tantangan global dan menjadi kontributor yang proaktif untuk dunia yang lebih damai, toleran, inklusif dan aman. GCED diperuntukkan bagi pelajar dari segala usia – anak, remaja, dan orang dewasa. GCED adalah salah satu bidang strategis program UNESCO Bidang Pendidikan untuk periode 2014-2021. Program ini berdasar pada Agenda Pendidikan 2030, terutama Target 4.7 dari SDG 4. Pendidikan.

Pendekatan yang digunakan dalam proses implementasi program GCED adalah pendekatan holistik dan transformatif. Fokus dari GCED berkisar pada advokasi dan kebijakan global, standar global GCED dan ESD, pendidikan perdamaian dan HAM, serta pencegahan ekrimisme melalui pendidikan. Dalam mengimplementasikan program tersebut, UNESCO menggandeng Asia Pacific Centre of Education for International Understanding (APCEIU), The UN Secretary-General’s Global Education First Initiative (GEFI), dan UNESCO Mahatma Gandhi Institute of Education for Peace and Sustainable Development (MGIEP).

Sumber: GCED