Terbuka Kesempatan Pengajuan Nominasi UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize 2019

©UNESCO

UNESCO/Guillermo Cano Prize

 

UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize adalah salah satu dari UNESCO Prizes yang ditujukan untuk mengapresiasi pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mempertahankan dan/atau mempromosikan kebebasan pers di dunia. Prize ini dibuat pada tahun 1997 atas inisiatif Dewan Eksekutif UNESCO untuk menghormati Guillermo Cano Isaza, seorang jurnalis Kolombia yang dibunuh di depan kantor surat kabar El Espectador di Bogotá, Kolombia pada 17 Desember 1986. Penganugerahan Prize ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei.

 

Kesempatan aplikasi untuk nominasi Prize ini terbuka bagi siapa saja dengan memenuhi syarat sebagai berikut:

Individu, organisasi, atau lembaga yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan signifikan dalam mempertahankan dan/atau mempromosikan kebebasan pers di manapun di dunia, terutama ketika upaya tersebut dilakukan di dalam situasi berbahaya. Hadiah dapat diberikan kepada individu, lembaga, entitas lain atau organisasi non-pemerintah yang mewakili semua jenis media termasuk media digital. Aplikasi nominasi Prize yang akan diproses hanya aplikasi yang memenuhi syarat dan diserahkan sesuai dengan tenggat yang ditentukan.

 

Lini masa proses aplikasi:

15 Februari 2019: Tenggat penyerahan aplikasi nominasi.

Semua aplikasi harus diserahkan dalam bahasa Inggris atau Perancis melalui formulir aplikasi yang ditentukan (unduh formulir di sini). Disarankan menyerahkan aplikasi dengan menyertakan bahan pendukung yang relevan, seperti foto resolusi tinggi dan bebas hak cipta, serta semua dokumen latar belakang yang diperlukan (mis. resume, kliping berita, Statuta organisasi, dll.) secara digital/elektronik. Namun jika tidak memungkinkan, aplikasi dapat dikirimkan melalui pos.

PERHATIAN:
Setiap aplikasi nominasi wajib disertai dengan rekomendasi tertulis dalam Bahasa Inggris atau Perancis yang mencangkup antara lain:

  • Deskripsi tentang latar belakang dan prestasi kandidat.
  • Ringkasan pekerjaan atau hasil pekerjaan, disarankan dengan menyertakan publikasi dan dokumen pendukung lainnya yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan penjurian.
  • Kontribusi kandidat yang sangat penting bagi promosi kebebasan pers.
  • Definisi kontribusi kandidat yang sejalan dengan tujuan Prize
  • Foto kandidat yang beresolusi tinggi.

Aplikasi diajukan melalui Pemerintah Negara Anggota dengan berkonsultasi dengan Komisi Nasional masing-masing negara, dan harus diterima di Kantor UNESCO di Paris, Perancis sebelum/pada tenggat yang ditentukan.

 

Maret 2019: Penilaian Juri.

Aplikasi yang sesuai dengan segala persyaratan pengajuan dan telah mendapat rekomendasi tertulis kemudian akan dinilai oleh Dewan Juri yang terdiri dari para tenaga ahli. Akan dipilih pemenang yang akan direkomendasikan Dewan Juri kepada Direktur Jenderal UNESCO. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

April 2019: Pengumuman Pemenang.

UNESCO akan secara resmi mengumumkan nama pemenang dalam siaran pers dan mengomunikasikan keputusan tersebut kepada pemenang sebelumnya dan pelamar lainnya.

Mei 2019: Penyerahan hadiah.

Hadiah sejumlah minimum 25.000 USD diserahkan kepada pemenang oleh Direktur Jenderal UNESCO pada peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, 3 Mei.

 

UNESCO/Guillermo Cano Prize

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan berikut:

UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize

 

Ikuti akun media sosial kami:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



Leave a Reply