KNIU dan Kementerian PUPR Sebar Kesadaran akan Pentingnya Air Bersih Lewat Lomba Gambar

Lomba Gambar

 

Jakarta, KNIU Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) ke-27, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bersama dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan kegiatan Lomba Menggambar Tingkat Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 5 April 2019 di Gedung Serbaguna Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kemen PUPR, Jakarta.

Kegiatan yang telah rutin terlaksana sejak tahun 2006 ini merupakan bentuk kerja sama antara Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kemen PUPR dan KNIU Kemendikbud dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola dan menggunakan air bersih secara bijaksana demi terjaganya sumber sumber air bersih yang berkelanjutan.

Ditemui di tengah berlangsungnya acara, Kepala Galeri Nasional Indonesia selaku Ketua Juri lomba gambar, Pustanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk menanamkan investasi positif kepada generasi muda dalam mengungkapkan rasa cinta kepada bumi melalui kegiatan kesenian.

“Fungsi dari kesenian, selain sebagai sarana mengekspresikan diri, juga sebagai media. Dalam konteks acara ini, kesenian difungsikan sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada generasi penerus akan pentingnya air bersih dan pengelolaannya demi keberlanjutan kehidupan yang akan datang”, kata Pustanto.

Selain melalui kegiatan lomba gambar, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya air bersih juga dilakukan melalui beragam perlombaan lain. Disampaikan oleh Kepala Bidang Danau, Situ dan Embung Pusat Bendungan Kemen PUPR, Adi Rusman, lomba lain yang diselenggarakan antara lain lomba kebersihan sungai dan lomba yang melibatkan komunitas dengan tema ketersediaan air bersih bagi semua. Berbagai bentuk perlombaan ini mengusung tujuan yang sama, yaitu membangkitkan kesadaran dan aksi dalam pelestarian air bersih dan lingkungan pada umumnya.

Sebagai informasi, hari Air Sedunia adalah perayaan internasional yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Sidang Umum pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janiero, Brasil. Hari Air Sedunia diperingati pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya dengan ditujukan untuk menggugah kesadaran akan pentingnya air bersih dan pengelolaannya.(DB/DAS)

 

Lomba Gambar

 

 

Ikuti akun media sosial kami:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



Leave a Reply