Terbuka Kesempatan Pengajuan Aplikasi UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020

UNESCO Fellowship

UNESCO bersama dengan International Center for Sustainable Energy Development (ISEDC) di Moscow, Rusia, membuka kesempatan pengajuan aplikasi untuk UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020.

UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020 merupakan program beasiswa (fellowship) yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan pengembangan sumber daya manusia di bidang sumber energi berkelanjutan dan terbarukan di negara-negara berkembang dan negara-negara dalam transisi. Program ini menyediakan 20 beasiswa (fellowship) berupa pelatihan berdurasi empat (4) minggu tertanggal 5 hingga 30 Oktober 2020. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Bahasa Inggris.

 

Untuk bidang yang dipelajari, para kandidat dapat memilih bidang studi sebagai berikut:

(a) Energi dan pembangunan berkelanjutan;

(b) Pengelolaan ekologis sumber daya energi;

(c) Energi terbarukan;

(d) Pembangkit listrik energi berkelanjutan dan terbarukan.

 

Kualifikasi kandidat yang diminta adalah sebagai berikut:

(a) Pemegang setidaknya gelar Sarjana Sains (BSc) atau Sarjana (BA) di bidang ekonomi;

(b) Mahir dalam berbahasa Inggris;

(c) Usia tidak lebih dari 35 tahun.

 

Adapun prosedur pengajuan aplikasi adalah sebagai berikut:

(a) Semua kandidat harus mendapat persetujuan dan didukung oleh Komisi Nasional untuk UNESCO (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI/KNIU Kemendikbud);

(b) Dokumen aplikasi harus ditulis dan dilengkapi dengan benar dalam bahasa Inggris atau Prancis dengan melampirkan:

  • Formulir permohonan beasiswa (fellowship) UNESCO yang ditentukan;
  • Enam (6) lembar foto diri;
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir;
  • Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris;
  • Selanjutnya, bagi kandidat yang telah terpilih, diharapkan dapat menyerakan formulir pemeriksaan medis UNESCO yang telah diisi oleh dokter dalam tempo tidak lebih dari empat bulan sebelum tanggal studi yang sebenarnya. Formulir pemeriksaan medis akan dikirimkan bersama dengan surat pernyataan diterima. Biaya yang dikeluarkan dalam konstitusi dokumen medis tidak akan diganti.

(c) Kandidat dengan dokumen aplikasi yang tidak lengkap atau diterima setelah melewati tenggat pengajuan aplikasi, dan tidak memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, akan dinyatakan gugur.

(d) Jumlah kandidat yang diajukan dari setiap Negara Anggota UNESCO adalah tidak lebih dari dua (2) orang.

 

Tenggat pengiriman aplikasi yang telah ditetapkan UNESCO adalah 3 April 2020. Mengingat bahwa setiap kandidat harus didukung dengan surat rekomendasi dari Komisi Nasional untuk UNESCO, maka calon kandidat diharapkan dapat mengirimkan dokumen aplikasi ke KNIU Kemendikbud selambat-lambatnya pada tanggal 1 April 2020.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses laman resmi UNESCO Fellowship pada tautan berikut: UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020

Unduh Surat Pengumuman UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020 di sini.

UNESCO Fellowship

 

Ikuti akun media sosial KNIU Kemendikbud:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



5 Comments

  • Ijmalistiqlaliah Rahim

    Selamat siang,

    Perkenalkan nama saya Ijmalistiqlaliah Rahim, freshgradute sarjana sains departemen Biologi, Universitas Diponegoro, Semarang. Terkait seleksi fellowship UNESCO 2020, terdapat beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan, yaitu:

    1. Apakah saya diperbolehkan melampirkan sertifikat kemahiran bahasa inggris yang diselenggarakan pada tahun 2017 dan tidak diselenggarakan oleh ETS?
    2. Pada lampiran Surat Pengumuman UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020 terdapat application for fellowship (certificate of language knowledge). Hal yang ingin saya tanyakan siapa pihak yang berhak mengisi form tersebut?

    Terima kasih atas perhatiannya.

    • Admin

      Terima kasih sudah menunjukkan ketertarikan atas program ini. Admin coba jawab ya pertanyaannya:

      1. Di pedoman Fellowship oleh UNESCO dituliskan bahwa “A language certificate in duplicate issued by an official authority (British Council, Alliance Française, or qualified teacher of the language concerned)“. Jadi, selama lembaga yang mengeluarkan sertifikat Anda tersebut resmi dan terjamin, kami rasa tidak ada masalah. Untuk tahun sertifikat, tidak disebutkan secara spesifik di dalam pedoman, tetapi kami sarankan untuk menggunakan sertifikat yang masih berlaku (setidaknya 2 tahun sebelum tahun berjalan/2018). Akan tetapi apabila sertifikat tersebut merupakan satu-satunya yang dimiliki dan tidak memungkinkan membuat yang baru, kami tetap mempersilakan Anda untuk menggunakannya. Informasi lebih lanjut, dapat kamu baca di: http://www.unesco.org/new/en/fellowships/programmes/how-to-apply/.

      2. Untuk bagian Certificate of Language Knowledge, yang berhak mengisi adalah lembaga bahasa yang mengeluarkan sertifikat yang Anda miliki. Seperti yang tercantum di bagian bawah formulir, bahwa nama dan gelar pelaksana tes bahasa harus dituliskan.

      Semoga dapat membantu ya. Terima kasih 🙂

  • Ijmalistiqlaliah Rahim

    Selamat siang. Saya telah mengirimkan berkas aplikasi saya namun untuk fotocopy ijazah saya yg berbahasa inggris dan sudah dilegalisasi belum bisa diambil di kampus karena kampus saya tutup dikarenakan wabah pandemi corona sehingga saya mengirimkan fotocopy ijazah bahasa inggris yang belum dilegalisasi. Mohon maaf sebelumnya dan terima kasih atas perhatiannya.

    • Admin

      Halo! Terima kasih sudah mengonfirmasi pendaftaran Anda. Mohon informasi, pengiriman berkas aplikasi ditujukan ke mana ya? Karena Sekretariat KNIU Kemendikbud belum menerima berkas Anda. Sebagai pengingat, aplikasi program ini harus disertai dukungan dari Komisi Nasional untuk UNESCO. Oleh karena itu, berkas aplikasi harus dikirimkan ke KNIU Kemendikbud terlebih dahulu untuk mendapatkan surat rekomendasi.

      Salam,
      Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  • Ijmalistiqlaliah Rahim

    Selamat malam. Mohon maaf, saya mengirim berkas saya sesuai dengan alamat yang tertera pada kontak website ini dan saya baru saja mengecek status pengiriman dari berkas saya namun status terakhir pada tanggal 01/04/2020 pukul 15:12 menyatakan bahwa kantor tutup. Apakah saya perlu mengonfirmasi ulang pada pengiriman berkas saya atau bagaimana? Terima kasih sebelumnya

Leave a Reply