Terbuka Kesempatan Pengajuan Aplikasi untuk Program Hibah MOWCAP-ACC 2020

MOWCAP-ACC Grants Programme

MOWCAP-ACC Grants Programme merupakan program hibah yang diinisiasi oleh Komite Memory of the World Regional Asia Tenggara (MOWCAP) dengan Pusat Kebudayaan Asia (Asia Culture Center/ACC). Program ini mendukung upaya lembaga atau organisasi yang melakukan pengumpulan, pelestarian, dan menyediakan akses terhadap warisan dokumenter di wilayah Asia-Pasifik. Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong adanya pengembangan program kolaborasi dan kemitraan dalam bidang pelestarian, digitalisasi, pameran dan publikasi, serta mengembangkan keterampilan dan sumber daya.

 

Memory of the World Committee for Asia and the Pacific – Asia Culture Center (MOWCAP-ACC) memiliki dana hibah sebesar 5.000 USD yang dikelola oleh Kantor MOWCAP di Asia Culture Center, Gwangju, Republik Korea. Untuk memperoleh bantuan dari dana hibah tersebut, lembaga atau organisasi harus mengajukan dokumen aplikasi yang mencakup kriteria yang telah di tentukan, seperti:

  • Lembaga/Organisasi berbasis di wilayah Asia-Pasifik
  • Merupakan Lembaga/Organisasi Non-Pemerintah (Non-Governmental Organization/NGO)
  • Mendapatkan dukungan dari Komite Nasional Memory of the World (MoW) atau Komisi Nasional untuk UNESCO yang ada di negara masing-masing

 

Tenggat pengajuan aplikasi The 2020 MOWCAP-ACC Grants Programme yang telah ditentukan panitia penyelenggara telah diundur menjadi tanggal 12 April 2020 (sebelumnya, 30 Maret 2020 –red). Mengingat aplikasi harus mendapatkan dukungan (endorsement) dari Komite Nasional MoW atau Komisi Nasional untuk UNESCO (di Indonesia melalui Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI/KNIU Kemendikbud –red), maka dokumen aplikasi dikirimkan selambat-lambatnya pada tanggal 6 April 2020.

 

Informasi lengkap terkait dokumen pendukung lainnya, seperti panduan dan formulir aplikasi, dapat diakses dan diunduh melalui tautan berikut: http://www.mowcapunesco.org/grants/.

MOWCAP-ACC Grants Programme

 

Ikuti akun media sosial KNIU Kemendikbud:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



13 Comments

  • Museum Musik Indonesia

    Salam,
    Sebelumnya perkenalkan kami dari Museum Musik Indonesia yang berada di Kota Malang. Museum kami hendak mengajukan sebuah program untuk diajukan ke program hibah MOWCAPACC-tahun 2020. Dan sebelumnya terkait kelengkapan administrasi, kami hendak bertanya untuk bisa memperoleh dukungan atau surat rekomendasi dari Komite Nasional Memory of the World (MoW) atau Komisi Nasional untuk UNESCO yang ada di Indonesia. Bagaimanakah caranya dan apa persyaratannya untuk bisa memperoleh dukungan tersebut? Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Museum Musik Indonesia

  • Halo Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO.
    Sekedar memberi tahu saja bahwa kami dari Indonesian Visual Art Archive (IVAA) sudah mengajukan rekomendasi melalui surel resmi KNIU, yakni kniu@kemdikbud.go.id.
    Sembari menunggu responnya, kami hanya ingin memastikan apakah sudah terkirim dengan tepat?
    Terima kasih banyak dan senantiasa sehat untuk rekan-rekan KNIU.
    Salam, Tim IVAA.

    • Admin

      Halo, IVAA, terima kasih atas minat dan partisipasi Anda dalam program ini. Sebagai informasi, kami sudah periksa kotak masuk surel kami, namun belum kami terima surel dimaksud. Bolehkah kami meminta Anda untuk mengirim ulang surel dimaksud ke alamat incu.moec@gmail.com ? Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

      Salam,
      Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  • Dear admin,
    Kami dari NGO yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Profil kami ada di website http://lesehan.org. Kami ingin mendapatkan surat dukungan untuk pengajuan proposal MOWCAP-ACC tahun 2020. Tema yang kami usulkan adalah melakukan penyelamatan dokumen-dokumen perencanaan hutan yang dibuat oleh Boshwezen (perusahaan Belanda). Mohon informasi tata cara untuk mendapatkan surat dukungan dari Komite Nasional Unesco di Indonesia.
    Hormat kami
    Rahmanta Setiahadi
    Senior Advisor
    Lembaga Studi Ekosistem Hutan

    • Admin

      Terima kasih atas minat Anda atas program ini. Untuk selanjutnya, kami tindaklanjuti melalui surel ke lesehan.org@gmail.com ya. Terima kasih.

      Salam,
      Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

      • Dear admin,
        Terima kasih atas penjelasannya. Perlu diketahui bahwa kami sudah mengirim permohonan endorsement letter ke email incu.moec@gmail.com pada pada tanggal 27 Maret 2020. Kami juga sudah mengirimkan gagasan proposal ini ke email grants@mowcap.net pada tanggal 26 Maret 2020. Saat ini kami sudah mendapat balasan dan tinggal menunggu adanya surat dukungan dari KNIU. Terima kasih dan salam

  • Andi Wahyu Irawan

    Mohon ijin bertanya.
    Bagaimana prosedur mendapatkan endorsement letter ?

    kami dari Yayasan Pendidikan Malabi Indonesia. Saya sudah mengirimkan pesan melalui email. Tapi belum di konfirmasi. Terima kasih

    • Admin

      Halo! Terima kasih atas minat Anda atas program ini. Untuk selanjutnya, kami tindaklanjuti melalui surel ke andiwahyuirawan@gmail.com ya. Terima kasih.

      Salam,
      Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

  • Yonisius Nenabu

    salan kenal. apa masih bisa ajukan terima kasih

    • Admin

      Salam dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI!
      Terima kasih telah menunjukkan minat Anda dalam program ini. Akan tetapi sayang sekali kesempatan untuk pengajuan Program Hibah MOWCAP-ACC tahun 2020 ini sudah ditutup (sebagaimana tertulis di artikel bahwa batas akhir pengajuan pada tanggal 12 April 2020).

      Namun, tidak usah khawatir. Jika di tahun depan (2021) Program Hibah MOWCAP-ACC kembali dibuka, kami akan publikasikan di platform-platform resmi KNIU Kemendikbud. Pantau laman kami secara berkala, atau ikuti akun media sosial resmi KNIU Kemendikbud untuk mendapatkan informasi terkini ya!

  • BETIK SASANA BUDAYA INDONESIA

    Mohon petunjuk bagaimana cara partisipasi kami selaku YAYASAN BETIK SASANA BUDAYA INDONESIA yang fokus di bidang Produksi Pertunjukan dan Pameran

    • Admin

      Salam damai dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
      Terima kasih telah menunjukkan minat Anda pada program ini. Akan tetapi sayang sekali kesempatan untuk pengajuan Program Hibah MOWCAP-ACC tahun 2020 ini sudah ditutup (sebagaimana tertulis di artikel bahwa batas akhir pengajuan aplikasi pada tanggal 12 April 2020).

      Meski demikian, tidak perlu khawatir. Jika di tahun depan (2021) Program Hibah MOWCAP-ACC kembali dibuka, kami akan publikasikan di platform-platform resmi KNIU Kemendikbud. Pantau laman kami secara berkala, atau ikuti akun media sosial resmi KNIU Kemendikbud untuk mendapatkan informasi terkini. Untuk berkonsultasi terkait program UNESCO, silakan bersurat resmi ke Sekretariat KNIU Kemendikbud melalui surel ke kniu@kemdikbud.go.id dan/atau incu.moec@gmail.com.

Leave a Reply