Panggilan untuk Pengajuan Kandidat SEAMEO-Japan ESD Award 2020

SEAMEO-Japan ESD Award

Pada 2002, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi 57/254 dan menyatakan periode 2005-2014 sebagai “Dekade Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan” (Decade of Education for Sustainable Development/DESD).

Dalam deklarasi tersebut, Majelis Umum PBB mendefinisikan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) sebagai “proses pembelajaran (atau pendekatan untuk pengajaran) berdasarkan pada cita-cita dan prinsip-prinsip yang menggarisbawahi keberlanjutan. Proses pembelajaran ini juga berkaitan dengan semua tingkatan dan jenis pembelajaran untuk menyediakan kualitas pendidikan dan menumbuhkan pembangunan manusia yang berkelanjutan – belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk menjadi (learning to be), belajar untuk hidup bersama (learning to live together), belajar untuk melakukan (learning to do) dan belajar untuk mengubah diri sendiri dan komunitas (learning to transform oneself and society).”

Pada akhir DESD di tahun 2014, Konferensi Dunia UNESCO yang diadakan di Jepang mengumumkan Program Aksi Global (Global Action Programme/GAP) tentang ESD yang bertujuan menghasilkan dan meningkatkan aksi ESD di semua tingkatan dan bidang pendidikan, pelatihan dan pembelajaran untuk mempercepat kemajuan menuju pembangunan berkelanjutan.

Sementara ESD diimplementasikan di seluruh dunia di bawah GAP, dalam mendukung lebih lanjut promosi ESD di Asia Tenggara, Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara (Southeast Asian Ministers of Education Organization/SEAMEO) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi, Jepang (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology/MEXT Japan), bekerja sama dengan Biro Regional untuk Pendidikan UNESCO Asia dan Pasifik (UNESCO Asia and Pacific Regional Bureau for Education), telah menunjukkan komitmen kolektif mereka dalam mempromosikan praktik baik penerapan ESD di sekolah-sekolah di seluruh kawasan Asia Tenggara. Salah satu bentuk implementasi dari komitmen kolektif ini adalah dengan mengorganisir SEAMEO-Japan Education for Sustainable Development (ESD) Award.

SEAMEO-Japan ESD Award merupakan penghargaan tahunan yang telah diselenggarakan sejak 2012. Tujuan dari SEAMEO-Japan ESD Award adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan kesadaran tentang ESD di sekolah-sekolah dan masyarakat di seluruh kawasan Asia Tenggara;
  • Untuk mempromosikan praktik baik implementasi ESD di sekolah dan masyarakat di seluruh kawasan Asia Tenggara;
  • Untuk berbagi dan bertukar pengetahuan dan praktik baik tentang ESD di sekolah-sekolah di seluruh kawasan Asia Tenggara dan Jepang;
  • Untuk mendorong terjalinnya jejaring di antara sekolah dan masyarakat yang menerapkan praktik ESD di negara-negara Asia Tenggara dan Jepang; dan
  • Untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) PBB.

 

Tahun ini, SEAMEO-Japan ESD Award kembali membuka kesempatan untuk pengajuan kandidat. Tema untuk 2020 adalah “Mengatasi Masalah Plastik untuk Mengubah Masyarakat” (Addressing Plastic Problems for Transforming Communities). Dengan mengusung tema tersebut, sekolah yang dinominasikan harus mencakup kriteria berikut:

  • Aktivitas/program yang diterapkan harus relevan dengan tema, dan menyediakan rincian inisiatif/program/inovasi terkait dengan praktik pengelolaan limbah plastik atau lainnya yang telah sekolah lakukan dalam rangka menangani masalah plastik secara keseluruhan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
  • Sekolah yang dinominasikan harus menunjukkan bagaimana inisiatif/program sekolah telah mengubah masyarakat dengan memberikan bukti yang menunjukkan dampak dari inisiatif/program tersebut dalam pengurangan penggunaan plastik dan/atau meningkatkan sistem pengelolaan limbah plastik serta membersihkan ekosistem masyarakat.
  • Sekolah yang dinominasikan harus menunjukkan keterlibatan masyarakat dengan mitra multisektoral yang menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan, memperdalam pengalaman belajar siswa, mendukung pertumbuhan siswa, dan membentuk masyarakat yang berkelanjutan.
  • Sekolah yang dinominasikan harus secara jelas menunjukkan integrasi inisiatif/program sekolah dalam semua aspek sekolah seperti kebijakan sekolah, rencana manajemen, kurikulum, praktik belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler dan kegitan siswa, upaya kemitraan, partisipasi masyarakat, dan sebagainya. (Silakan merujuk ke “Formulir Pendaftaran”.)

 

Adapun tujuan dari skema penghargaan tahun ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk mempromosikan sistem pengelolaan limbah dan inisiatif plastik lainnya di sekolah-sekolah di Asia Tenggara dan Jepang yang berkontribusi pada transformasi masyarakat dan ekosistem;
  • Untuk berbagi inisiatif dan praktik-praktik baik yang mendukung pembangunan berkelanjutan melalui integrasi sistem pengelolaan limbah ke dalam program sekolah yang holistik;
  • Untuk mendorong sekolah mengembangkan dan meningkatkan kegiatan dan program ESD saat ini.

 

Hadiah yang disediakan penyelenggara untuk para pemenang adalah sebagai berikut:

  • Pemenang Pertama: 1.500 USD + study tour ke Jepang

(Penyelenggara akan mensponsori biaya perjalanan untuk empat hingga enam orang, termasuk tiket pulang-pergi, akomodasi selama tiga malam, transportasi domestik di Jepang, juru bahasa, dan biaya visa)

  • Pemenang Kedua: 1.000 USD
  • Pemenang Ketiga: 500 USD
  • Hadiah istimewa dari Sekretariat SEAMEO untuk program terbaik yang dijalankan oleh sekolah kecil dengan jumlah peserta didik kurang dari 250 orang: 1.000 USD

Semua sekolah yang menang akan menerima Plakat Rekognisi (Plaque of Recognition) dan Sertifikat Penghargaan (Certificate of Appreciation) untuk guru dan siswa yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program sekolah.

Seorang perwakilan dari sekolah yang menang akan disponsori untuk berpartisipasi dalam upacara penganugerahan penghargaan yang akan diadakan pada Pertemuan Pejabat Tinggi SEAMEO (SEAMEO High Officials Meeting) di Bangkok pada bulan November 2020.

Semua sekolah terpilih akan menerima Sertifikat Rekognisi (Certificate of Recognition) untuk sekolah. Koordinator sekolah terpilih (maksimal 2 orang) akan menerima Sertifikat Penghargaan (Certificate of Appreciation).

Semua sekolah yang berpartisipasi yang telah mengirimkan entri yang relevan dengan tema tersebut akan diakui (nama, nama proyek/program, dan negara) di laman resmi SEAMEO dan menerima Sertifikat Partisipasi (Certificate of Participation).

 

Untuk mempelajari lebih lanjut terkait SEAMEO-Japan ESD Award 2020, silakan unduh dokumen informasi berikut:

Information Note of the 2020 SEAMEO-Japan ESD Award

Untuk mengajukan kandidat, silakan unduh dan isi formulir berikut: Submission Form and Guidelines

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi tautan berikut:

https://www.seameo.org/Main_programme/213

SEAMEO-Japan ESD Award

 

Ikuti akun media sosial KNIU Kemendikbud:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



Leave a Reply