Terbuka Kesempatan Pengajuan Aplikasi Lomba Kewirausahaan Internasional: Citizen Entrepreneurship Competition 2020

Citizen Entrepreneurship Competition / CEC

Pada 2001, Profesor Günter Faltin di Berlin, Jerman, mendirikan sebuah yayasan kewirausahaan bernama Entrepreneurship Foundation dengan tujuan untuk memberdayakan dan mendorong setiap orang dari segala usia dan latar belakang untuk memulai bisnis mereka sendiri yang berbasis keberlanjutan: bisnis yang adil untuk konsumen, adil untuk bumi, adil untuk semua karyawan, serta adil untuk gaya hidup sang pendiri bisnis itu sendiri. Kegiatan Entrepreneurship Foundation antara lain menyediakan sebuah masterclass (dengan bahasa pengantar bahasa Jerman) untuk wirausahawan baru yang sedang merintis ide wirausaha mereka, menyelenggarakan konferensi kewirausahaan tahunan dengan lebih dari 1.500 peserta, serta menawarkan lokakarya kewirausahaan yang terbuka sepanjang tahun.

Entrepreneurship Campus, sebagai bagian dari Entrepreneurship Foundation, bertujuan untuk memberdayakan wirausahawan sosial, terutama kaum muda, dari seluruh dunia untuk menciptakan budaya kewirausahaan, mempromosikan pendidikan kewirausahaan, dan untuk terlibat dalam upaya menciptakan dunia yang lebih damai. Untuk mewujudkan tujuan ini, Entrepreneurship Campus menginisiasi sebuah kompetisi kewirausahaan bertajuk Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) yang diselenggarakan setiap tahun.

 

Apa itu Citizen Entrepreneurship Competition (CEC)?
Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) adalah kompetisi kewirausahaan yang diinisiasi untuk memberdayakan wirausahawan di seluruh dunia dalam menciptakan solusi-solusi inovatif terhadap tantangan global dan/atau masyarakat lokal serta untuk terlibat dalam upaya menciptakan dunia yang lebih damai dan berkelanjutan. Melalui kompetisi ini, peserta diundang untuk mengajukankan ide dan proyek inovatif yang memiliki dampak sosial, termasuk ide usaha yang memperjuangkan dan menerapkan satu atau lebih dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

CEC dibagi menjadi dua kategori, yaitu Youth Citizen Entrepreneurship dan Adult Citizen Entrepreneurship. Kategori Youth Citizen Entrepreneurship ditujukan bagi wirausahawan muda usia 13-29 tahun. Adapun kategori Adult Citizen Entrepreneurship ditujukan bagi wirausahawan yang berusia 30 tahun ke atas.

 

Siapa yang bisa mengajukan aplikasi Citizen Entrepreneurship Competition (CEC)?
Siapa pun yang berusia 13 tahun ke atas dengan ide inovatif untuk usaha-usaha yang berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs. Usaha tersebut dapat berupa bisnis, organisasi nirlaba, ataupun program informal.

 

Bagaimana cara mengajukan aplikasi Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) 2020?
Pengajuan aplikasi Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) dilakukan secara daring dengan terlebih dahulu membuat akun pada Laman Registrasi Citizen Entrepreneurship Competition (CEC).

Cara pengajuan aplikasi CEC selengkapnya dapat dipelajari di sini.

Berikut adalah linimasa CEC 2020:

Sumber: https://www.entrepreneurship-campus.org/

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum, selama, dan setelah Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) 2020, peserta mendapat kesempatan untuk mengambil dua kursus demi membantu mengembangkan model bisnis yang berkelanjutan berdasarkan ide/proyek inovatif yang diajukan, yaitu kursus Brain versus Capital (BvC) dan Sustainable Entrepreneurship Course (SEC). Melalui kursus ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan yang dapat membantu untuk memperjelas arah atau meningkatkan proyek yang diajukan. Kursus BvC berfungsi sebagai dasar kewirausahaan bagi peserta. Adapun SEC direkomendasikan untuk diambil setelah akhir kursus BvC. Kedua kursus ini dapat diikuti secara gratis tanpa dikenai biaya apapun.

Sebagai catatan, kursus BvC dan/atau SEC tidak wajib bagi peserta Citizen Entrepreneurship Competition (CEC). Meski demikian, kursus ini disarankan untuk diikuti karena dapat bermanfaat untuk mendapatkan potensi dari ide/proyek yang diajukan secara maksimal.

 

PENTING!
Setiap entri pengajuan ide/proyek untuk Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) 2020 harus menggunakan Bahasa Inggris.

Silakan baca Pernyataan Privasi dengan baik dan saksama. Dengan berpartisipasi dalam Citizen Entrepreneurship Competition (CEC) 2020, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan memahami pernyataan privasi dan bahwa Anda mematuhinya.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses tautan berikut:
https://www.entrepreneurship-campus.org/

Untuk informasi terkait hadiah dan keuntungan yang didapatkan dari memenangkan Citizen Entrepreneurship Competition (CEC), silakan akses tautan berikut:
https://www.entrepreneurship-campus.org/competition/prizes-and-recognition/

Untuk daftar pertanyaan yang sering diajukan dan jawabannya, silakan akses tautan berikut:
https://www.entrepreneurship-campus.org/frequently-asked-questions/

 

Kompetisi ini diorganisir oleh:

goi-peace-foundationstiftung-entrepreneurship

 

Catatan:
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KNIU Kemendikbud) Republik Indonesia bukan merupakan pihak penyelenggara kompetisi. Dalam konteks ini, KNIU Kemendikbud hanya membantu menyebarluaskan informasi kesempatan/peluang yang memiliki potensi manfaat bagi bangsa Indonesia.

Citizen Entrepreneurship Competition / CEC

 

 

Ikuti akun media sosial kami:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



Leave a Reply