Terbuka Kesempatan Pengajuan Entri UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020

Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation

Dibentuk pada tahun 2000, UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation bertujuan untuk memberikan rekognisi bagi upaya-upaya pemulihan atau pelestarian struktur, tempat, dan properti yang bernilai warisan (heritage) yang dilakukan baik oleh individu maupun kelompok/organisasi. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong pemilik/pengelola properti warisan lainnya untuk semakin bersemangat dalam melaksanakan proyek-proyek konservasi, baik secara mandiri atau dengan mencari kemitraan publik dan/atau swasta.

Hingga saat ini, UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation telah merekognisi 249 pemenang yang berasal dari 22 negara atas pemahaman menyeluruh mereka tentang properti/situs warisan, pencapaian teknis yang baik, dan dampak sosial dan kebijakan yang signifikan di tingkat lokal, nasional, dan regional.

Pada pelaksanaan di 2020 ini, UNESCO memperkenalkan rekognisi baru atas kontribusi warisan budaya bagi pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik, yaitu “Pengakuan Khusus untuk Pembangunan Berkelanjutan” (Special Recognition for Sustainable Development). Pada edisi ini juga terdapat beberapa pembaruan pada kriteria UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation. Hal ini dilakukan demi dapat lebih merekognisi peran dan kontribusi warisan budaya terhadap pembangunan berkelanjutan dalam kerangka Agenda 2030 yang lebih luas.

 

Terbuka Kesempatan untuk Mengajukan Entri UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020

UNESCO telah mengumumkan perpanjangan batas akhir (tenggat) pengajuan entri untuk UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020 menjadi 31 Juni 2020. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan entri:

Kategori:

  • Award of Excellence adalah pengakuan tertinggi yang diberikan pada proyek-proyek yang menampilkan pencapaian istimewa di semua kriteria dan memiliki dampak katalis di tingkat nasional ataupun regional.
  • Award of Distinction diberikan kepada proyek-proyek yang menunjukkan pencapaian luar biasa di semua kriteria dan memiliki dampak signifikan di tingkat nasional ataupun regional.
  • Award of Merit merekognisi proyek-proyek yang menunjukkan pencapaian superior di semua kriteria.
  • The Award for New Design in Heritage Contexts diberikan pada proyek-proyek yang baru dibangun yang menunjukkan desain luar biasa yang terintegrasi dengan baik ke dalam konteks sejarah.
  • The Special Recognition for Sustainable Development, yang merupakan kategori baru pada Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020 ini merupakan kategori yang ditujukan untuk merekognisi proyek-proyek yang menunjukkan pencapaian penting dan memiliki dampak signifikan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Kriteria:
Entri yang diajukan pada Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation dapat berupa proyek upaya konservasi bangunan rumah, gedung komersial dan kelembagaan, kota dan desa bersejarah, situs arkeologi, maupun lanskap budaya. Proyek yang diajukan sebagai entri harus merupakan proyek yang telah selesai dalam 10 tahun terakhir. Proyek harus menunjukkan keterlibatan sektor swasta, sebagaimana diatur dalam regulasi penghargaan ini.

Cara pengajuan entri:
Entri untuk Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020 harus dikirimkan dengan lebih dulu mengisi formulir pendaftaran daring sebelum batas waktu yang ditentukan (31 Juli 2020). Entri yang dikirimkan berupa dokumen proyek dengan dokumentasi pendukung, termasuk deskripsi proyek dalam format resmi serta gambar dan foto pendukung. Setelah itu, seluruh dokumen dikirimkan dalam format hard dan soft copy ke UNESCO Bangkok melalui surat (pos), dengan cap pos selambat-lambatnya 31 Juli 2020.
Untuk tata cara pengajuan lebih detail dan lengkap, silakan kunjungi tautan berikut: http://bangkok.unesco.org/content/apply-awards

Tanggal penting:

  • Tenggat pengajuan: 31 Juli 2020
  • Pengumuman pemenang: November 2020

 

Untuk mengetahui pemenang Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation di tahun sebelumnya (2019), silakan kunjungi tautan berikut:
http://bangkok.unesco.org/content/winning-projects

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengajuan proyek dan pengiriman entri Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation 2020, silakan hubungi:
Unit Kebudayaan (Culture Unit), UNESCO Bangkok
Tel: (66 2) 391-0577 Ext. 511 / Fax: (66 2) 391-0866
Email: heritageawards@unesco.org

Tautan terkait:
https://bangkok.unesco.org/content/call-entries-2020-unesco-asia-pacific-awards-cultural-heritage-conservation

Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation

 

Ikuti akun media sosial kami:

Facebook: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitter: kniukemdikbud

Instagram: kniukemdikbud



Leave a Reply