Terbuka Kesempatan Pengajuan Nominasi Wenhui Award 2020

Wenhui Award 2020

 

Inovasi sangat penting bagi kelangsungan hidup dan kemajuan di hampir setiap bidang kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Pendekatan inovatif sangat diperlukan untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik serta kesetaraan dalam semua konteks, terutama pada saat keadaan darurat dan krisis.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah menjadi katalis terciptanya inovasi di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Di kawasan Asia-Pasifik khususnya, selama masa pandemi ini, teknologi dan beragam metode inovatif telah digunakan secara luas di berbagai sistem pendidikan dan di semua tingkatan; platform baru dan langkah-langkah kreatif telah digunakan untuk menyampaikan pembelajaran jarak jauh, melakukan penilaian, mendukung guru dan keluarga, serta mengupayakan agar keamanan tetap terjaga ketika waktunya kembali ke sekolah kelak.

Banyak yang berpendapat bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan sebuah berkah dalam penyamaran (a blessing in disguise) karena dalam upaya mengatasinya muncul beragam solusi inovatif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, profesional pendidikan, penyedia teknologi, dan komunitas. Tren yang muncul ini membuat lembaga pendidikan, pendidik, dan peserta didik lebih mudah beradaptasi dan tangguh terhadap krisis. Hal ini memberikan dampak yang luas pada pendidikan di masa depan.

Dengan latar belakang pandemi Covid-19 dan mengingat pentingnya inovasi untuk pendidikan terutama dalam keadaan darurat dan krisis, Penghargaan Wenhui tahun ini mengangkat tema “Educational Innovation in Response to Pandemic and Other Emergencies” atau “Inovasi Pendidikan dalam Menanggapi Pandemi dan Keadaan Darurat Lainnya”.

Penghargaan Wenhui (Wenhui Award) merupakan program yang dibentuk atas kerja sama antara UNESCO Asia-Pacific Programme of Educational Innovation for Development (APEID) dengan Komisi Nasional Republik Rakyat Cina untuk UNESCO. Dibentuk pada tahun 2010, Wenhui Award bertujuan untuk mengakui dan mengapresiasi individu atau lembaga yang telah kontribusi luar biasa untuk inovasi pendidikan di kawasan Asia-Pasifik. Wen (文) dalam bahasa Mandarin meliputi makna budaya, pengetahuan, kebijaksanaan, moral dan etika, serta keinginan untuk belajar. Hui (晖) melambangkan kekuatan pendidikan yang kreatif dan cemerlang yang memungkinkan peradaban dan budaya berkembang. Secara keseluruhan, nama ‘Wenhui’ mencerminkan kekuatan inovasi pendidikan dalam memungkinkan individu, institusi, masyarakat, dan budaya untuk maju dan berkembang.

Dalam satu dekade terakhir, Wenhui Award telah memberikan penghargaan kepada 51 individu dan institusi dari 17 negara. Tahun ini, kesempatan untuk menerima penghargaan Wenhui Award kembali terbuka. Simak syarat dan ketentuan berikut untuk mengajukan aplikasi nominasi Wenhui Award 2020.

 

Kelayakan dan Kriteria Seleksi

Individu atau institusi dari Negara Anggota UNESCO di kawasan Asia-Pasifik yang memenuhi persyaratan berikut berhak untuk mengajukan Wenhui Award 2020:

  • Telah menunjukkan kemampuan mereka untuk memulai praktik inovatif yang membantu meningkatkan akses ke informasi, mempromosikan pembelajaran, dan menghasilkan pengetahuan baru di sektor pendidikan;
  • Telah memverifikasi dampak positif dari kontribusi mereka untuk meningkatkan akses ke pendidikan dan kualitas proses pembelajaran;
  • Telah membuktikan komitmen mereka untuk meningkatkan popularitas dan kualitas pendidikan, dan mempromosikan konsep pendidikan berkualitas (quality education) dan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) yang inklusif dan setara;
  • Telah mengkonfirmasikan bahwa praktik inovatif mereka merupakan praktik terkini dan relevan dengan tren utama pendidikan di abad ke-21.

 

Semua aplikasi nominasi Wenhui Award 2020 akan dinilai secara adil berdasarkan kriteria berikut:

  • Relevansi
    Nominasi diajukan relevan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-4 (Sustainable Development Goal 4/SDG4) yang bertujuan untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan adil dan mempromosikan peluang belajar sepanjang hayat untuk semua. Selain itu, relevan pula dengan tren utama pendidikan di abad ke-21, relevan bagi kawasan Asia-Pasifik, dan relevan dengan tema khusus penghargaan tahun ini.
  • Ketepatan waktu
    Nominasi yang diajukan dimulai dalam tiga tahun terakhir, telah selesai atau sedang berlangsung pada saat pengajuan aplikasi.
  • Skala manfaat dan dampak
    Dibuktikan berdasarkan indikator khusus seperti jumlah negara di kawasan Asia-Pasifik, jumlah sekolah penerima, jumlah siswa penerima, guru, pemimpin sekolah, dan anggota masyarakat yang menerima manfaat dari proyek/program yang dijalankan oleh individu/institusi yang dinominasikan.
  • Orisinalitas
    Keunikan dan orisinalitas dari inovasi yang diimplementasikan individu/institusi yang dinominasikan.
  • Keterlibatan mitra dari berbagai sektor
    Juri turut mempertimbangkan keterlibatan mitra (baik publik maupun swasta) pada proyek/program dari individu/institusi yang dinominasikan.
  • Keberlanjutan
    Manfaat dan dampak dapat dipertahankan setelah proyek/program inovasi selesai, serta dapat direplikasi ke negara lain, lembaga pendidikan, dan/atau kelompok pemangku kepentingan terkait.

 

Prosedur Aplikasi dan Dokumen Pendukung

Kesempatan pengajuan aplikasi untuk Wenhui Award 2020 terbuka bagi instansi pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi internasional, organisasi non-pemerintah (Non-Governmental Organization/NGO), dan individu di kawasan Asia-Pasifik.

Semua pelamar harus mengikuti prosedur yang disebutkan di bawah ini:

  • Langkah 1:
    Tunjukkan minat Anda dengan mengirimkan formulir registrasi daring <klik tautan ini> sebelum 27 September 2020; pelamar terdaftar akan menerima tautan ke formulir aplikasi daring (jika tautan di atas tidak dapat diakses, silakan gunakan tautan berikut https://rb.gy/piejwu).
  • Langkah 2:
    Lengkapi formulir aplikasi daring dan serahkan semua dokumen pendukung yang diperlukan seperti yang tercantum di bawah ini selambat-lambatnya 18 Oktober 2020.
    • Curriculum Vitae (CV)/Profil Organisasi
      CV bagi pelamar individu. Profil organisasi bagi pelamar institusi.
  • Langkah 3: Nominasi
    Semua aplikasi harus didukung oleh Surat Nominasi (nomination letter) yang berisi komentar terkait kelayakan pelamar atas Wenhui Award dan informasi relevan lainnya. Surat tersebut harus sudah diserahkan oleh Nominator langsung ke Sekretariat Wenhui Award selambat-lambatnya 30 Oktober 2020.Nominator harus merupakan salah satu dari tiga jenis berikut:
    • Komisi Nasional untuk UNESCO di negara pemohon; (dalam hal ini, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/KNIU Kemendikbud)
    • Kantor Lapangan (field office) UNESCO yang beroperasi di negara pemohon; atau
    • Organisasi internasional lain yang relevan dengan UNESCO dan khususnya yang aktif di bidang pendidikan.

Pelamar harus memilih jenis Nominator yang mereka inginkan di formulir pendaftaran daring (Langkah 1) dan menunjukkan Nominator tertentu di formulir aplikasi daring (Langkah 2).

 Jika pelamar memilih Komisi Nasional untuk UNESCO atau UNESCO Field Office sebagai Nominator, sistem aplikasi daring akan secara otomatis mengirimkan paket aplikasi pelamar ke Komisi Nasional atau Field Office yang dipilih. Selanjutnya, Komisi Nasional atau Field Office yang dipilih yang akan meninjau dan memutuskan apakah akan menominasikan pelamar ke proses selanjutnya. Nominator akan langsung mengunggah Surat Nominasi pelamar ke sistem daring.

Informasi tentang Komisi Nasional untuk UNESCO:

https://en.unesco.org/countries/national-commissions

Informasi tentang Kantor Lapangan UNESCO:

https://en.unesco.org/countries/field-offices

 

Pelamar yang memilih organisasi internasional lain sebagai Nominator harus memberikan rincian kontak organisasi internasional tersebut ke dalam formulir aplikasi daring. Setelah formulir diisi dan diserahkan, sistem akan secara otomatis mengirimkan surel pada organisasi internasional tersebut terkait surat nominasi, yang akan dikirim oleh Nominator langsung ke alamat surel Sekretariat Wenhui Award: wenhui.award@unesco.org. Merupakan tanggung jawab pelamar untuk memastikan bahwa organisasi internasional sebagai Nominator terpilih untuk mengirimkan Surat Nominasi sebelum batas waktu.

 

CATATAN:

Setiap aplikasi nominasi dikirimkan melalui platform daring yang telah disediakan. Aplikasi yang dikirim melalui surel secara langsung TIDAK akan diterima.

 

Penilaian Aplikasi

Penilaian akhir atas lamaran yang dinominasikan dilakukan oleh Juri yang terdiri dari beberapa anggota yang berasal dari berbagai negara di kawasan Asia-Pasifik dan memiliki keahlian dan pengalaman yang luas di sektor pendidikan.

Wenhui Award 2020 akan dianugerahkan kepada dua individu atau institusi. Kedua pemenang akan menerima sertifikat penghargaan (Certificate of Excellence) dan hadiah masing-masing sebesar 20.000 USD. Selain pemenang, Penghargaan Penghormatan (honorable commendations) juga akan diberikan kepada individu atau institusi yang telah menunjukkan praktik pendidikan inovatif yang terpuji.

Pemenang penghargaan dan penerima penghargaan penghormatan Wenhui Award 2020 akan diumumkan pada akhir November 2020, dan pemenang akan diundang ke upacara penganugerahan pada waktu yang akan diumumkan kemudian.

 

Informasi

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi UNESCO Bangkok atau unduh Nota Konsep Wenhui Award 2020.

 

Wenhui Award 2020

 

Ikuti akun media sosial KNIU Kemendikbud:

FacebookKomisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitterkniukemdikbud

Instagramkniukemdikbud



Leave a Reply