Kontes Foto Fit for Life

Untuk merayakan peluncuran program unggulan (flagship) baru berbasis olahraga dari sektor sosial dan ilmu pengetahuan manusia “Fit for Life”, UNESCO menyelenggarakan kontes foto untuk mempromosikan kesetaraan, pemberdayaan, dan inklusi melalui olahraga.

Fit for Life akan menyatukan pemangku kepentingan sektor swasta dan publik melalui olahraga untuk mengatasi krisis kontemporer dalam aktivitas fisik, masalah kesehatan mental, dan ketidaksetaraan.

Olahraga memiliki kekuatan untuk meyakinkan, menyatukan, dan mengaktifkan diri sekaligus menjadi alat untuk membangun ketahanan fisik, mental, dan masyarakat; memberikan pendidikan yang bernilai; serta mempromosikan dialog antarbudaya.

Pada masa ketidaksetaraan makin parah dan rasisme meningkat serta kondisi masyarakat terdampak oleh pandemi Covid-19, olahraga menawarkan jalur yang produktif untuk membangun kembali masyarakat kita berdasarkan inklusi, koneksi manusia, dan kesejahteraan kolektif.

Kontes foto Fit for Life menjadi kesempatan bagi kaum muda di seluruh dunia untuk mendaftarkan entri berupa foto yang menggambarkan kekuatan dan potensi olahraga sebagai pendorong kesetaraan, pemberdayaan, dan inklusi.

 

Kriteria peserta:

Partisipan berusia 18—35 tahun. Peserta tidaklah harus seorang fotografer profesional, melainkan cukup menyukai olahraga dan memahami peran positifnya dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat.

 

Tenggat:

30 November 2021, 06:00 WIB

 

Cara berpartisipasi:

Silakan kirim foto atau portofolio foto (maksimal 5) yang menampilkan olahraga sebagai alat untuk kesetaraan, pemberdayaan, dan/atau penyertaan ke alamat pos-el sport@unesco.org.  Setiap pengiriman karya harus menyebutkan nama, usia, dan kewarganegaraan peserta serta pertimbangan hak cipta, kemudian disertai dengan takarir berjumlah 200 karakter (dalam bahasa Inggris, Prancis, atau Spanyol) yang menjelaskan konteks foto (siapa, di mana) dan pesan yang disampaikannya.

 

Komposisi dan format foto:

  1. Foto atau portofolio foto bertema olahraga sebagai media untuk kesetaraan, pemberdayaan, dan/atau inklusi (maksimal 5 lembar);
  2. foto harus dinamis dan ekspresif serta beresolusi tinggi (minimal 2480 x 3720 dan minimum 300 dpi);
  3. dimensi foto dapat vertikal (portrait) atau horizontal (lanskap);
  4. klasifikasi: foto jurnalistik, foto jalanan, atau foto olahraga;
  5. hasil karya dinamai dengan format: nama depan_nama belakang_nomor urutan (contoh: Name_Surname_1.jpg);
  6. foto disimpan dalam format digital .jpg, termasuk fail raw (jika ada).

 

Pemenang kontes:

UNESCO akan mengumumkan tiga pemenang pertama dan tujuh orang pemenang kedua pada Desember 2021. Setiap pemenang akan dihubungi langsung oleh UNESCO.

Para pemenang pertama akan:

  1. mendapat kartu hadiah (gift card) senilai $500;
  2. diwawancarai dan ditampilkan fitur profilnya dalam situs web UNESCO;
  3. entri/hasil karyanya akan dipamerkan di kantor pusat UNESCO pada 2022 dan dipromosikan secara daring pada situs web, media sosial, dan bentuk publikasi lainnya sebagai bagian dari kampanye advokasi Fit for Life;
  4. entri/hasil karyanya akan dipublikasikan di Women Sports (https://www.womensports.fr/).

sedangkan, pemenang kedua:

  • entri/hasil karyanya akan dipamerkan di kantor pusat UNESCO pada 2022 dan dipromosikan secara daring pada situs web, media sosial, dan bentuk publikasi lainnya sebagai bagian dari kampanye advokasi Fit for Life

 

Catatan penting:

  • UNESCO berhak untuk mengubah hadiah kontes dan aturan serta peraturannya sebagaimana dan bila perlu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Untuk berpartisipasi dalam kontes, fotografer harus memiliki hak cipta yang dikirimkan (hasil karya sendiri dan autentik).
  • Dengan berpartisipasi dalam kontes, fotografer tetap memegang hak cipta atas foto yang dikirimkan, tetapi UNESCO memiliki hak tak terbatas untuk menggunakan foto tersebut untuk tujuan informasi publik di bidang kompetensi UNESCO. UNESCO hanya akan menggunakan foto untuk tujuan non-komersial yang mencakup materi pendidikan dan advokasi, situs web, brosur, laporan, pamflet, tanpa biaya. Para fotografer akan dikreditkan.
  • Silakan kunjungi tautan https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000379452 untuk mengetahui detail aturan kontes.

Sumber: https://en.unesco.org/news/unesco-launches-fit-life-photo-contest



Leave a Reply