Publikasi Jakarta City of Literature UNESCO

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia berperan penting dalam membentuk budaya membaca di kalangan pelajar dan anak-anak Indonesia. Jakarta adalah rumah bagi perpustakaan nasional, pusat penelitian, ribuan fasilitas membaca umum, dan acara internasional terkait sastra dengan berbagai genre dan audiens. Hal ini juga didukung oleh fasilitas bacaan umum dan akses informasi yang luas untuk memperkuat posisi sastra sebagai jiwa masyarakat Jakarta yang sangat beragam.

Tema literatur untuk Jakarta yang diusulkan pada UNESCO Creative Cities Network (UCCN) mewakili keunikan kota Jakarta sebagai penggerak sastra Indonesia. Pada tahun 1917, Balai Pustaka, penerbit pertama di Indonesia, didirikan di Jakarta. Tahun 1950 dibentuk Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) sebagai wadah organisasi penerbit. Jakarta juga memiliki Museum Sastra H.B. Jassin yang menyimpan arsip karya dan koleksi sastra Indonesia terlengkap. Jakarta juga menjadi tuan rumah beberapa acara internasional seperti Asian Games 2018 dan Kongres Penerbit Internasional ke-33 yang akan datang pada tahun 2022.

Bersama 48 kota dunia lain, Jakarta masuk ke dalam daftar Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network/UCCN) kategori Literatur.



Leave a Reply