Indonesia Pimpin Konsultasi Daring Regional Asia Pasifik “Mondiacult 2022-UNESCO”

KNIU, Jakarta—Kemendikbudristek, Indonesia memimpin pelaksanaan konsultasi daring regional Asia Pasifik pada 11—12 Januari 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Konferensi Dunia UNESCO tentang kebijakan budaya dan pembangunan berkelanjutan (UNESCO World Conference on Cultural Policies and Sustainable Development – Mondiacult 2022) untuk menyusun agenda global baru tentang kebijakan budaya.

Adapun kebijakan budaya yang dimaksud, antara lain, meliputi pertukaran informasi, masalah, dan bidang prioritas keterlibatan kebijakan untuk budaya, seperti digitalisasi sumber daya, pelindungan dan promosi warisan alam dan budaya (baik benda dan takbenda), kerangka hukum untuk melindungi properti budaya dan hak budaya, serta perlunya penguatan data dan statistik.

Kawasan Asia Pasifik memiliki kekayaan berupa keanekaragaman budaya dari 48 negara dengan 17 zona waktu. Melalui kolaborasi regional ini, saya yakin kita akan melangkah maju menuju masa depan berkelanjutan yang menjadikan manusia dan kebudayaan sebagai inti dari pembangunan,” ujar Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengembangkan indikator yang peka konteks untuk pengarusutamaan budaya, penghargaan keunikan budaya di setiap daerah, dan pembuatan matriks kebijakan terpadu yang mengintegrasikan indikator pengarusutamaan budaya ke dalam siklus pembangunan hingga ke tingkat lokal dalam bentuk Indeks Pembangunan Kebudayaan (Cultural Development Index) yang terdiri atas tujuh dimensi, yakni ekonomi-budaya, pendidikan, ketahanan sosial budaya, warisan budaya, kebebasan berekspresi, literasi budaya, dan kesetaraan gender.

Mondiacult 2022 dipimpin oleh delegasi Indonesia dan dihadiri oleh para menteri dan pejabat senior dari 32 negara serta lebih dari 20 organisasi antarpemerintah dan LSM.



Leave a Reply