Pengembangan Cagar Biosfer Dalam Program The Man and The Biosphere UNESCO

Pengembangan cagar biosfer merupakan program utama dari Program The Man and The Biosphere (MAB) UNESCO yang dimulai pada tahun 1971. Program MAB UNESCO menempatkan perhatian utamanya pada kepunahan biodiversitas, perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.

Inskripsi Gamelan sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO

15 Desember 2021, pada Sesi ke-16 Sidang Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Nominasi Gamelan telah dinskripsi sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO kategori Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

/
Berkontribusi pada pembangunan perdamaian, pemberantasan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan dan dialog antar budaya melalui pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial dan manusia, budaya, komunikasi dan informasi.

Berita KNIU

Berita Utama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO.
Card image cap

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Hadiri The 3rd Huangshan Dialogue on UNESCO Sites and Sustainable Development

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KNIU Kemdikbud RI) hadiri Dialog Huangshan tentang Situs UNESCO dan Pembangunan Berkelanjutan Ke-3 atau The 3rd Huangshan Dialogue on UNESCO Sites and Sustainable Development yang dilaksanakan pada tangg

Card image cap

International Fund for Cultural Diversity (IFCD)

International Fund for Cultural Diversity (IFCD) yang merupakan pendanaan multi-donor yang didirikan berdasarkan Convention on the Protection and Promotion of the Diversity of Cultural Expressions Pasal 18 Tahun 2005 memiliki tujuan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan mengurangi kemisk

Card image cap

Indonesia Pimpin Konsultasi Daring Regional Asia Pasifik Mondiacult 2022-UNESCO

KNIU, Jakarta Kemendikbudristek, Indonesia memimpin pelaksanaan konsultasi daring regional Asia Pasifik pada 11-12 Januari 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Konferensi Dunia UNESCO tentang kebijakan budaya dan pembangunan berkelanjutan (UNESCO World Conference on Cultural

Kata Sambutan

Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Kemendikbudristek.

Dr. Itje Chodidjah, M.A.

The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization(UNESCO) dibentuk sejak tanggal 16 November 1945 dengan tujuan untuk menciptakan perdamaian melalui pembentukan dialog antar budaya dan masyarakat yang berdasarkan pada nilai-nilai bersama. Sebagaimana yang tercantum dalam konstitusi UNESCO that since wars begin in the minds of men, it is in the minds of men that defenses of peace must be constructed.

Tentang KNIU

Komisi Nasional Indonesia Untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KNIU Kemendikbud) adalah lembaga yang didirikan berdasarkan mandat dari Konstitusi UNESCO yang mewajibkan setiap negara membentuk sebuah komisi nasional. Tugas dan fungsi KNIU Kemendikbud adalah menjembatani antara program UNESCO dengan program Pemerintah Indonesia, maupun sebaliknya, agar tercipta sebuah kemajuan di sektor pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, serta komunikasi dan informasi demi tercapainya sebuah pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka mencapai perdamaian dunia.