UNESCO Global Network Learning Cities

© surabaya.go.id

Tertanggal 27 Oktober 2016, Surabaya telah resmi menjadi anggota UNESCO Global Network of Learning Cities (GNLC). GNLC adalah salah satu jejaring/network UNESCO yang fokus pada Pembelajaran Sepanjang Hayat dalam komunitas global. GNLC berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan khususnya SDG 4 yaitu Menjamin pendidikan inklusif dan setara yang berkualitas serta mempromosikan kesempatan pembelajaran sepanjang hayat untuk semua dan SDG 11 yaitu Membuat kota dan pemukiman yang inklusif, aman, kokoh, dan berkelanjutan.

© UNESCO / Darragh Kane Photography

UNESCO Learning City Award didirikan untuk mengapresiasi dan menunjukkan praktik-praktik baik dalam hal mempromosikan pendidikan berkualitas dan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua orang di tingkat lokal. Penghargaan dua tahunan ini diberikan untuk kota di wilayah Negara Anggota UNESCO yang telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam pembelajaran pengembangan kota dengan menerapkan dokumen-dokumen panduan (guidelines) UNESCO Global Network of Learning Cities.

Enam belas kota di seluruh wilayah UNESCO terpilih menjadi pemenang UNESCO Learning City Award tahun 2017. Kota-kota ini, termasuk Surabaya, telah menampakkan kemajuan luar biasa dalam menerapkan peluang pembelajaran seumur hidup untuk semua.