Panggilan Terbuka Nominasi UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize 2019 UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize

Blog Single

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO mengundang Anda untuk mengajukan nominasi UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize untuk Pengamanan dan Pengelolaan Lanskap Budaya. Kesempatan ini terbuka untuk individu, lembaga, komunitas, organisasi non-pemerintah (LSM), atau entitas lain yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pengamanan, pengelolaan, dan peningkatan potensi lanskap budaya utama dunia.

 

Gambaran Umum dan Latar Belakang The UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize untuk Pengamanan dan Pengelolaan Lanskap Budaya
UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize untuk Pengamanan dan Pengelolaan Lanskap Budaya dibentuk pada tahun 1995 untuk mengapresiasi tindakan-tindakan yang luar biasa dalam menjaga dan meningkatkan potensi lanskap budaya dunia yang termasuk ke dalam kategori Warisan Dunia.
Penghargaan ini didukung oleh Pemerintah Yunani dengan menyandang nama Melina Mercouri, yaitu mantan Menteri Kebudayaan Yunani yang juga merupakan tokoh yang sangat mendukung terjadinya konservasi terintegrasi pada lanskap-lanskap budaya dunia.
Penghargaan ini berupa hadiah senilai 30.000 USD yang diberikan setiap dua tahun untuk satu pemenang.
Sejak tahun 1995 sampai 2011, penghargaan ini telah diberikan sebanyak enam kali.
Penghargaan berikutnya akan dianugerahkan pada tahun 2019, bersamaan dengan Sesi ke-40 Konferensi Umum UNESCO.
 

Kriteria dan Proses Pemilihan Pemenang
Siapa yang dapat mengajukan nominasi?

Instansi pemerintah dari Negara Anggota UNESCO, dengan berkonsultasi dengan Komisi Nasional untuk UNESCO;
LSM yang memiliki kemitraan resmi dengan UNESCO;
Para profesional, akademisi, dan organisasi non-pemerintah di lingkup internasional, regional, maupun nasional yang aktif di bidang lanskap budaya.
Siapa yang berhak menjadi pemenang?

Individu, pengelola situs, lembaga, entitas lain, komunitas atau organisasi non-pemerintah (LSM) yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pengamanan, pengelolaan, dan peningkatan potensi lanskap budaya utama dunia.

Bagaimana proses pengajuan nominasi?

Kirimkan formulir nominasi online, dalam bahasa Inggris atau Prancis, antara 30 November 2018 dan 30 April 2019 (tengah malam waktu Paris) di tautan: http://whc.unesco.org/en/culturallandscapesprize atau dengan menghubungi Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kemdikbud sebelum tenggat tersebut.

 

Lini Masa
30 November 2018

Pembukaan pengajuan nominasi untuk UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize 2019

30 April 2019

Tenggat pengajuan nominasi untuk UNESCO-Greece Melina Mercouri International Prize 2019

Musim Gugur 2019

Upacara penganugerahan di UNESCO Headquarter di Paris, Perancis

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut:

http://whc.unesco.org/en/culturallandscapesprize/


Atau unduh panduan pada tautan berikut:
http://whc.unesco.org/document/169857
 

Share this Post:

Related Posts: