Dalam rangka menjadi inovatif dan inklusif, proses pembelajaran dan strategi pendidikan harus mengakui semua tempat di mana pembelajaran berlangsung: di tempat kerja, di masyarakat, dalam keluarga, dan dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan. Information and Communication Technology (ICT) atau Tek
Baca SelanjutnyaSejak Forum Dakar pada tahun 2000, kemajuan nyata telah terlihat dari pencapaian target Education for All (EFA), yang terutama berkaitan dengan Universal Primary Education (UPE). Namun, pengembangan yang cepat dari usia belajar yang masuk ke pendidikan dasar belum diimbangi dengan perekrutan guru ya
Baca SelanjutnyaDalam SDG 4. Quality Education, agenda pendidikan fokus pada pendidikan yang berkualitas dan pembelajaran sepanjang hayat untuk semua, yang memungkinkan setiap wanita dan pria untuk memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai untuk menjadi segala sesuatu yang mereka inginkan dan berpartisi
Baca SelanjutnyaKonvensi UNESCO tentang Penolakan Diskriminasi dalam Pendidikan yang dikeluarkan pada tahun 1960 dan perjanjian hak asasi manusia internasional lainnya melarang setiap pengecualian atau pembatasan terhadap kesempatan pendidikan yang berbasis sosial atau perbedaan, seperti jenis kelamin, suku, bahasa
Baca SelanjutnyaGlobal Citizenship Education (GCED) bertujuan untuk memberdayakan peserta didik untuk berperan aktif dalam menghadapi dan mengatasi tantangan global dan menjadi kontributor yang proaktif untuk dunia yang lebih damai, toleran, inklusif dan aman. GCED diperuntukkan bagi pelajar dari segala usia anak,
Baca SelanjutnyaPembangunan berkelanjutan tidak bisa diraih dengan solusi teknologi, regulasi politik atau pengembangan finansial. Pendidikan berkualitas dan pembelajaran untuk pembangunan berkelanjutan pada seluruh tingkatan dan di tatanan masyarakat sangat dibutuhkan. Education for Sustainable Development (ESD) a
Baca SelanjutnyaPendidikan untuk Semua (PUS) atau Education for All (EFA) telah menjadi bagian dari kebijakan pemerintah Indonesia sejak pertama kali disepakati pada tahun 2000 melalui Deklarasi Dakkar. Menyikapi kesepakatan tersebut, Pemerintah Indonesia telah menyusun rencana pelaksanaan program PUS tahun 2000-20
Baca SelanjutnyaSejak Maret 2014, KNIU Kemendikbud melaksanakan kerjasama dengan UNESCO dalam rangka program Indonesia Funds-In-Trust (IFIT) Promosi Adiwiyata Green School dan Pemberdayaan Masyarakat Berpendapatan Rendah untuk Masa Depan yang Berkelanjutan di Indonesia. Tujuan dari program tersebut adalah untuk men
Baca Selanjutnya