UNESCO dan Idries Shah Foundation Luncurkan Kompetisi Cerpen Internasional: World Tales Short Story Competition

Sumber: unesco.org

Perubahan iklim, pelanggaran hak asasi manusia, konflik, rasisme, dan diskriminasi adalah beberapa di antara banyak ancaman bagi masa kini dan masa depan kita. Dalam menghadapi kesulitan dan berbagai konsekuensi pandemi COVID-19, para pemikir muda yang kreatif perlu didorong untuk menemukan solusi inovatif.

 

World Tales Short Story Competition

Dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan imajinasi, akal, dan kecerdikan kaum muda, UNESCO dan Idries Shah Foundation (ISF) meluncurkan World Tales Short Story Competition dalam kolaborasi erat dengan Koalisi Internasional Kota Inklusif dan Berkelanjutan UNESCO (International Coalition of Inclusive and Sustainable Cities of UNESCO/ICCAR). World Tales Short Story Competition merupakan kompetisi skala global yang ditujukan bagi pemuda dari seluruh dunia untuk menulis tentang tantangan hari ini dan masa depan serta berbagi tentang perspektif mereka melalui format cerita pendek.

Tahun ini (2020) merupakan edisi pertama dari World Tales Short Story Competition. Tema yang diusung tahun 2020 adalah Once upon a time in my future (suatu ketika di masa depanku).

 

Siapa yang berhak ikut serta?
Peserta harus berusia antara 12 – 18 tahun. Kompetisi ini terbuka untuk semua pemuda di seluruh dunia tanpa memandang kebangsaan atau posisi geografis tempat tinggal mereka.

 

Bagaimana cara berpartisipasi?
Entri harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Cerita pendek terdiri dari 250 – 500 kata;
  • Ditulis dalam bahasa Inggris atau Prancis menggunakan jenis huruf Arial 12-poin;
  • Karya fiksi orisinal yang belum pernah diterbitkan;
  • Cerita tentang potensi masyarakat di masa depan untuk bersikap adil, inklusif, damai, tangguh, berkelanjutan dan / atau toleran.

Pahami syarat partisipasi selengkapnya dengan mengunduh perangkat aturan lengkap kompetisi di sini.

 

PERHATIAN!
Entri yang tidak memenuhi semua persyaratan tidak akan dipertimbangkan.

 

Kapan tenggat pengiriman entri?
Batas waktu pengiriman entri adalah 15 Oktober 2020.
EDIT (19/10/2020): UNESCO dan Idries Shah Foundation telah mengumumkan pada laman resminya bahwa tenggat pengiriman entri diperpanjang hingga 31 Desember 2020.

Entri dikirimkan melalui surel ke alamat worldtales@unesco.org.

 

Bagaimana kriteria evaluasi/penilaian?
Entri akan dievaluasi terutama pada tingkat kreativitas dan imajinasinya. Kesalahan tata bahasa dan linguistik masih dapat dimaklumi.

 

Apa hadiah yang akan didapatkan?
Akan dipilih 21 pemenang yang akan diumumkan pada upacara penganugerahan yang akan diselenggarakan secara daring (online) pada Desember 2020. Karya para pemenang akan dikompilasi menjadi sebuah buku hardcover edisi khusus, serta akan tersedia pula dalam bentuk buku digital (ePub).

Para pemenang akan menerima salinan dari buku tersebut serta sertifikat. Pihak penyelenggara juga akan memberikan salinan buku bersama sengan satu set buku anak-anak Idries Shah Foundation untuk perpustakaan di sekolah dan kota dari 21 pemenang terpilih.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi UNESCO atau laman resmi Idries Shah Foundation.

Unduh flyer [PDF]

Kontak: worldtales@unesco.org

***

The World Tales Short Story Competition didanai oleh Idries Shah Foundation (ISF).

 

Tentang International Coalition of Inclusive and Sustainable Cities of UNESCO (ICCAR)

ICCAR adalah jaringan dari lebih dari 500 kota-kota dunia untuk mendorong para pengambil keputusan lokal dengan mempromosikan dialog, advokasi, dan aksi bersama menuju pembangunan kota yang inklusif dan bebas dari segala bentuk diskriminasi.

ICCAR terdiri dari tujuh Koalisi nasional dan regional. Setiap Koalisi menanggapi prioritas dan tantangan khusus yang ditetapkan dalam Rencana Aksi Sepuluh Poin (Ten-Point Plan of Action). Rencana tersebut terdiri dari sepuluh komitmen yang mencakup berbagai bidang kompetensi otoritas kota seperti pendidikan, perumahan, pekerjaan, dan kegiatan budaya. Selengkapnya tentang ICCAR dapat di baca di sini.

 

Tentang Idries Shah Foundation

Idries Shah Foundation adalah badan amal Inggris yang didedikasikan untuk menjembatani budaya melalui kekuatan cerita. Idries Shah adalah pemikir dan penulis asal Afganistan yang merupakan pendukung ‘Teaching Stories’ atau narasi yang dibuat sebagai kendaraan untuk transmisi kebijaksanaan. Buku anak-anak bergambarnya dapat dibaca gratis di www.idriesshahfoundation.org.

 

Catatan:

UNESCO dan Idries Shah Foundation berhak untuk mengubah hadiah kompetisi serta aturan dan regulasinya jika perlu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

World Tales Short Story Competition

Ikuti akun media sosial KNIU Kemendikbud:

FacebookKomisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Twitterkniukemdikbud

Instagramkniukemdikbud



Leave a Reply