Young Professional Programme 2021: Kesempatan Berkarir Skala Internasional Bagi Insan Muda Indonesia

Generasi muda adalah generasi yang akan membawa dunia ini ke tempat yang lebih baik. Optimisme generasi muda untuk menciptakan perubahan dunia tercerminkan dari berbagai macam gerakan pemuda yang berfokus untuk menolong sesama hingga memperjuangkan kesetaraan gender. Hal tersebut membuktikan besarnya perjuangan generasi muda untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.

UNESCO melihat hal ini sebagai salah satu kesempatan bagi para generasi muda untuk memperluas hal tersebut ke organisasi internasional. Young Professional Programme (YPP) merupakan sebuah program di mana UNESCO membuka kesempatan bagi para generasi muda berbakat dan penuh talenta untuk meningkatkan representasi geografis, mempromosikan kesetaraan gender dalam organisasi di tingkat Internasional.

Setiap seluruh lulusan universitas memiliki kesempatan untuk bergabung ke dalam program YPP ini. UNESCO akan ikut merangkul dan mengajak para lulusan universitas yang berbakat, berkualifikasi tinggi serta para profesional muda dari negara anggota yang tidak dan kurang terwakili untuk bergabung dengan UNESCO pada tahap awal karir professional mereka. Young Professional Programme akan memberikan kesempatan kepada 15 kandidat profesional muda terbaik dari Indonesia untuk mengikuti kesempatan besar ini.

Syarat lengkap bagi para aplikan Young Professional Programme (YPP) UNESCO 2021:

  1. Warga negara Indonesia (WNI);
  2. Berusia maksimal 32 tahun pada 31 Desember 2021 (lahir pada atau setelah 1 Januari 1990);
  3. Bergelar magister atau setara dengan spesialisasi atau jurusan di bidang pendidikan, kebudayaan, komunikasi, ilmu sosial dan manusia, administrasi bisnis, akuntansi/ keuangan, hukum, dan hubungan internasional;
  4. Lancar berbahasa Inggris atau Prancis (kemampuan bahasa lainnya, seperti bahasa Arab, Tiongkok, Rusia, atau Spanyol akan menjadi nilai tambah);
  5. Menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme, menghargai keberagaman, serta berkomitmen penuh terhadap mandat UNESCO dan PBB; dan
  6. Berpengalaman kerja, tetapi bukanlah pertimbangan utama

Berkas pendaftaran Young Professional Programme 2021:

  1. Curriculum vitae (CV) dengan format bebas maksimal dua halaman yang berbahasa Inggris atau Prancis;
  2. Cover Letter (menyebutkan posisi yang diinginkan);
  3. Portofolio (opsional); dan
  4. Surat persetujuan dari Eselon 2 tempat unit kerja (apabila pendaftar berstatus ASN).

Seluruh berkas diterima paling lambat tanggal 30 Juli 2021 melalui pos-el: kniu@kemdikbud.go.id

Posisi aplikasi Young Professional Programme 2021:

  • Associate Education Policy Analyst untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Ekonomi, Statistik, Manajemen, Ilmu Sosial, atau bidang terkait dengan spesialisasi perencanaan pendidikan dan/atau manajemen menjadi nilai tambah.
  • Associate Liaison Officer untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Hubungan Internasional, Hukum Internasional, Ilmu Politik atau bidang terkait dengan spesialisasi displin ilmu Studi Afrika, kerjasama internasional, dan kerjasama dengan mitra swasta menjadi nilai tambah.
  • Associate HR Officer (Legal) untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Hukum Internasional atau bidang terkait dengan memiliki spesialisasi pada administrasi internasional menjadi nilai tambah.
  • Associate Finance & Administrative Officer untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Keuangan, Administrasi Bisnis, Akuntansi atau bidang terkait dengan spesialisasi dalam keuangan, sumber daya manusia, dan akuntansi menjadi nilai tambah.
  • Associate Program Specialist untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Ilmu Komunikasi, Informasi, Media dan Jurnalisme, atau bidang terkait dengan spesialisasi pada media dan literasi informasi menjadi nilai tambah.
  • Associate Programme Specialist untuk pendaftar bergelar Magister atau setara di bidang Kebudayaan atau Ilmu-ilmu Manusia dan Sosial atau bidang terkait dengan spesialisasi pada museum, manajemen dan konservasi warisan budaya, dan sejarah seni menjadi nilai tambah.

Lini masa aplikasi nominasi Young Professional Programme 2021:

  • Pertengahan Mei─Agustus 2021: Seleksi nasional oleh KNIU dan pendaftaran daring
  • Pertengahan Agustus─September 2021: Pra-seleksi, wawancara daring dan tes tertulis
  • Pertengahan September─akhir Oktober 2021: Panel wawancara daring
  • Desember 2021: Pengumuman akhir

Segera daftarkan diri Anda dalam Young Professional Programme 2021 dan jadilah generasi muda berprestasi yang membanggakan Indonesia!



Leave a Reply