Kontes Esai Internasional untuk Kaum Muda 2020 Goi Peace Foundation

Blog Single

Goi Peace Foundation merupakan lembaga nonprofit yang berbasis di Jepang. Didukung oleh anggota-anggota yang tersebar di seluruh dunia, Goi Peace Foundation bertujuan untuk menciptakan budaya perdamaian. Misi dari Goi Peace Foundation adalah untuk mencapai masyarakat global yang berkelanjutan dan harmonis dengan mempromosikan kesadaran, nilai, dan kebijaksanaan demi terciptanya perdamaian, dengan cara membangun kerja sama di antara individu dan organisasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan seni.

Dalam rangka mencapai misinya, Goi Peace Foundation banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan dan program, salah satunya kontes esai tahunan yang ditujukan bagi kaum muda di seluruh dunia (International Essay Contest for Young People). Disokong oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang, Komisi Nasional Jepang untuk UNESCO, Federasi Sekolah Menengah Swasta Jepang, Dewan Pendidikan Metropolitan Tokyo, dan instansi pendukung lainnya, Kontes Esai Internasional untuk Kaum Muda 2020 mengangkat tema A Letter from Myself in 2030 (Surat untuk Diriku di 2030).

Sesuai dengan tema, esai berupa surat yang dituliskan oleh diri Anda yang berada di masa depan (2030) ditujukan untuk diri Anda yang berada di masa sekarang (2020). Surat berisi penggambaran keadaan dunia yang ideal sepuluh tahun dari sekarang. Cara orang hidup di tahun 2030 dan apa yang Anda sendiri lakukan di masyarakat. Sebagai tambahan, sertakan pesan penting yang mungkin ingin Anda sampaikan kepada diri Anda saat ini.

 

Ketentuan:

Kontes dapat diikuti oleh siapa saja yang berusia maksimum 25 tahun (per 15 Juni 2020). Terdapat dua kategori: a) Anak-anak (usia maksimum 14 tahun); b) Remaja (usia 15-25 tahun)
Jumlah kata dalam esai maksimum 700 kata, ditulis dengan menggunakan bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Jerman, atau maksimum 1600 karakter dalam bahasa Jepang. Jumlah kata yang ditentukan ini tidak termasuk judul esai dan halaman sampul. Esai dapat diketik atau dicetak.
Esai dapat dikirimkan secara daring atau melalui pos.
PENTING! Untuk mengirim esai Anda secara daring, Anda harus mengakses halaman pendaftaran daring dan ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
CATATAN: Karena halaman pendaftaran daring diperkirakan akan mengalami arus yang tinggi menjelang tenggat 15 Juni 2020, disarankan untuk mengirimkan esai Anda sedini mungkin.
Entri yang dikirimkan melalui pos harus menyertakan halaman sampul yang menunjukkan:
(1) nama Anda
(2) kategori (Anak-anak atau Remaja)
(3) usia per 15 Juni 2020
(4) jenis kelamin
(5) kewarganegaraan
(6) alamat
(7) email
(8) nomor telepon
(9) nama sekolah (jika ada)
(10) judul esai Anda
(11) bahasa
(12) jumlah kata
CATATAN:
– Guru dan pembina organisasi kepemudaan dapat mengirimkan kumpulan esai dari kelas atau kelompok secara kolektif.
– Untuk entri yang diajukan secara kolektif, harap lampirkan daftar nama dan usia peserta, serta nama dan informasi kontak guru atau pembina yang mengajukan.

PENTING!
– Entri yang tidak memiliki informasi di atas tidak akan dipertimbangkan.
– Hanya satu entri per orang yang diterima.
– Templat halaman sampul dapat diunduh di sini. Anda juga dapat membuat halaman sampul Anda sendiri dengan memuat semua item pada poin (1) sampai (12) di atas.
– Panitia penyelenggara tidak dapat mengkonfirmasi penerimaan esai.

Esai harus karya orisinal dan belum pernah diterbitkan. Entri yang terbukti merupakan plagiat akan ditolak.
Esai harus ditulis oleh satu orang. Esai yang ditulis secara berkelompok tidak diterima.
Hak cipta dari esai yang diajukan akan menjadi milik panitia penyelenggara.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut: https://www.goipeace.or.jp/en/work/essay-contest/
 

Tenggat:

Entri harus dikirimkan sebelum 15 Juni 2020 (pukul 23:59 waktu setempat).

 

Hadiah:

Penghargaan berikut akan diberikan pada masing-masing kategori (Anak-anak dan Remaja):

Hadiah pertama: Sertifikat, uang 100.000 Yen dan hadiah, diberikan untuk satu orang pemenang.
Hadiah kedua: Sertifikat, uang 50.000 Yen dan hadiah, diberikan untuk dua orang pemenang.
Hadiah ketiga: Sertifikat dan hadiah, diberikan untuk lima orang pemenang.
Hadiah hiburan: Sertifikat dan hadiah, diberikan untuk 25 orang partisipan yang karyanya mendapat penghormatan.
CATATAN:

Pemenang hadiah pertama akan diundang ke upacara penghargaan yang akan diadakan di Tokyo, Jepang, pada November 2020 dan akan menerima Penghargaan Menteri Pendidikan Jepang. Biaya perjalanan akan ditanggung oleh penyelenggara.
Penghargaan tambahan (Penghargaan untuk Upaya, Penghargaan Sekolah Terbaik, dan Penghargaan Insentif Sekolah) akan diberikan jika memungkinkan.
Semua pemenang hadiah akan diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2020 (waktu Jepang) di laman resmi goipeace.or.jp. Sertifikat dan hadiah akan dikirimkan kepada para pemenang pada Desember 2020.
Pihak penyelenggara tidak akan menjawab pertanyaan individu terkait hasil kontes.
CATATAN TAMBAHAN:

Jika Anda berniat untuk mengirimkan entri melalui pos, silakan kirimkan ke alamat:
International Essay Contest c/o The Goi Peace Foundation
1-4-5 Hirakawacho, Chiyoda-ku, Tokyo 102-0093, Japan.
Untuk pertanyaan lebih lanjut terkait kontes ini, silakan hubungi panitia penyelenggara melalui surel essay@goipeace.or.jp.
Lihat flyer kontes di sini.
 

Share this Post:

Related Posts: