Terbuka Kesempatan Pengajuan Aplikasi UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020

Blog Single

UNESCO bersama dengan International Center for Sustainable Energy Development (ISEDC) di Moscow, Rusia, membuka kesempatan pengajuan aplikasi untuk UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020.

UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020 merupakan program beasiswa (fellowship) yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan pengembangan sumber daya manusia di bidang sumber energi berkelanjutan dan terbarukan di negara-negara berkembang dan negara-negara dalam transisi. Program ini menyediakan 20 beasiswa (fellowship) berupa pelatihan berdurasi empat (4) minggu tertanggal 5 hingga 30 Oktober 2020. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Bahasa Inggris.

 

Untuk bidang yang dipelajari, para kandidat dapat memilih bidang studi sebagai berikut:

(a) Energi dan pembangunan berkelanjutan;

(b) Pengelolaan ekologis sumber daya energi;

(c) Energi terbarukan;

(d) Pembangkit listrik energi berkelanjutan dan terbarukan.

 

Kualifikasi kandidat yang diminta adalah sebagai berikut:

(a) Pemegang setidaknya gelar Sarjana Sains (BSc) atau Sarjana (BA) di bidang ekonomi;

(b) Mahir dalam berbahasa Inggris;

(c) Usia tidak lebih dari 35 tahun.

 

Adapun prosedur pengajuan aplikasi adalah sebagai berikut:

(a) Semua kandidat harus mendapat persetujuan dan didukung oleh Komisi Nasional untuk UNESCO (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI/KNIU Kemendikbud);

(b) Dokumen aplikasi harus ditulis dan dilengkapi dengan benar dalam bahasa Inggris atau Prancis dengan melampirkan:

Formulir permohonan beasiswa (fellowship) UNESCO yang ditentukan;
Enam (6) lembar foto diri;
Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir;
Sertifikat kemahiran Bahasa Inggris;
Selanjutnya, bagi kandidat yang telah terpilih, diharapkan dapat menyerakan formulir pemeriksaan medis UNESCO yang telah diisi oleh dokter dalam tempo tidak lebih dari empat bulan sebelum tanggal studi yang sebenarnya. Formulir pemeriksaan medis akan dikirimkan bersama dengan surat pernyataan diterima. Biaya yang dikeluarkan dalam konstitusi dokumen medis tidak akan diganti.
(c) Kandidat dengan dokumen aplikasi yang tidak lengkap atau diterima setelah melewati tenggat pengajuan aplikasi, dan tidak memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, akan dinyatakan gugur.

(d) Jumlah kandidat yang diajukan dari setiap Negara Anggota UNESCO adalah tidak lebih dari dua (2) orang.

 

Tenggat pengiriman aplikasi yang telah ditetapkan UNESCO adalah 3 April 2020. Mengingat bahwa setiap kandidat harus didukung dengan surat rekomendasi dari Komisi Nasional untuk UNESCO, maka calon kandidat diharapkan dapat mengirimkan dokumen aplikasi ke KNIU Kemendikbud selambat-lambatnya pada tanggal 1 April 2020.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses laman resmi UNESCO Fellowship pada tautan berikut: UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020

Unduh Surat Pengumuman UNESCO/ISEDC Co-Sponsored Fellowships Programme 2020 di sini.

Share this Post:

Related Posts: